Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di Kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8246Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Di Kelas IV SD Negeri 091465 Parapat . Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design. Setelah melihat jumlah populasi penelitian yang berjumlah kurang dari 100 orang, maka sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian pada taraf 0,01 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,01, dimana H_0 ditolak dan H_aditerima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Think Pair Share lebih meningkat. Karena pada saat menggunakan model ini pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centred Learning) siswa lebih aktif berfikir dan belajar dalam mengidentifikasi materi yang disajikan dalam berbentuk kelompok lalu mempersentasikan hasil diskusi mereka lalu membandingkannya dengan temannya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari peningkatan nilai rata-rata nilai hasil belajar di kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Sinaga, J. A. ., Manurung, S. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di Kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 760–770. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8246
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Janner Agustinus Sinaga, Suprapto Manurung, Sunggul Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).