Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di Kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Janner Agustinus Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran Think  Pair Share  terhadap hasil belajar siswa pada Tema 3 Sub Tema 2  Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Di Kelas IV  SD Negeri 091465 Parapat . Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design. Setelah melihat jumlah populasi penelitian yang berjumlah kurang dari 100 orang, maka sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil uji dan analisis data yang telah dilakukan. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian pada taraf 0,01 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,01, dimana H_0 ditolak dan H_aditerima,  artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model  Think Pair Share lebih meningkat. Karena pada saat menggunakan model ini pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centred Learning) siswa lebih aktif berfikir dan belajar dalam mengidentifikasi materi yang disajikan dalam berbentuk kelompok lalu mempersentasikan hasil diskusi mereka lalu membandingkannya dengan temannya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari  peningkatan nilai rata-rata nilai hasil belajar di kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Sinaga, J. A. ., Manurung, S. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di Kelas IV SD Negeri 091465 Parapat Tahun Ajaran 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 760–770. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8246

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>