Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Kelas V SD Negeri 096132 Parapat

Authors

  • Louis Zvonimir Boban Sinaga Universitas HKBP Nommensen
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7794

Abstract

Pilihan model pembelajaran memiliki dampak besar pada bagaimana segala sesuatunya berjalan dan seberapa baik siswa belajar. Sampai saat ini, ceramah menjadi metode yang populer digunakan oleh guru karena mereka percaya itu adalah cara yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada siswa dalam bentuk informasi. Siswa mendengarkan dan mencatat saat guru menjelaskannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana pendekatan problem based learning mempengaruhi hasil belajar siswa pada subtema 2 yaitu pentingnya menghirup udara bersih. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen satu kelompok pretest-posttest. Ada 138 siswa dalam populasi penelitian, membuat kelas V, yang termasuk 24 individu, sampel penelitian. Mengingat hasil dari. Berdasarkan hasil hasil analisis uji data yang dilakukan. Pengujian hipotesis berdasarkan hasil uji siswa menghasilkan Thitung sebesar 6,397 dan Ttabel sebesar 1,713, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa penerapan paradigma pembelajaran berbasis masalah berdampak pada peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Ketika model pembelajaran berbasis masalah digunakan, ada perbedaan dalam cara siswa belajar. Alih-alih menjadi berulang-ulang dan kurang memperhatikan guru, siswa menjadi kritis dan terlibat dalam memecahkan masalah dengan teman satu kelompoknya.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Sinaga, L. Z. B. ., Simaremare, J. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Kelas V SD Negeri 096132 Parapat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6769–6777. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7794