Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart dan Model Direct Instruction terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD

Authors

  • Fitria Ulfa NM Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7567

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media Flip Chart dan model Direct Instruction terhadap pemahaman Bahasa Indonesia pada kelas v sd. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design sampel penelitian ini ditentukan sebanyak peserta didik atau seluruh peserta didik dari kelas va dan vb sebanyak 50 siswa. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t. Diketahui bahwa pengaruh media pembelajaran flip chart dan model direct instruction diperoleh = 5,167 hal ini berarti antara kelas eksperimen dengan menggunakan media flip chart dan kelas kontrol dengan menggunakan model direct instruction, jadi yang memiliki pengaruh besar adalah kelas eksperimen jadi kelas eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman bahasa indonesia siswa karena nilai menunjukan nilai yang positif. Akan tetapi untuk mengetahui perbandingan antara kedua kelas tersebut dilakukan Uji Independent T Test yang menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000  0,05 atau  = 5,167  = 1,167722. Maka dapat disimpulkan bahwaditolak dan  diterima atau ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pemahaman belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, hipotesis dalam penelitian yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran flip chart dan model direct instruction terhadap pemahaman bahasa indonesia pada kelas v sd.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

NM, F. U. ., Hera, T. ., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart dan Model Direct Instruction terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5626–5631. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7567

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>