Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 31 Palembang

Authors

  • Elin Riana Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7604

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA materi kalor kelas V SDN 31 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 31 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 31 Palembang, dengan sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Desain, dan teknik pengambilan sampel Sampling Purposive. Teknik pengambilan data menggunakan tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V, karena diperoleh nilai signifikan= 0,00 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Riana, E. ., Hera, T. ., & Rizhardi, R. . (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 31 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5833–5839. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7604

Most read articles by the same author(s)