Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 31 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7604Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA materi kalor kelas V SDN 31 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 31 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri 31 Palembang, dengan sampel kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Desain dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Desain, dan teknik pengambilan sampel Sampling Purposive. Teknik pengambilan data menggunakan tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat keefektifan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V, karena diperoleh nilai signifikan= 0,00 jika dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Riana, E. ., Hera, T. ., & Rizhardi, R. . (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 31 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5833–5839. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7604
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elin Riana, Treny Hera, Rury Rizhardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).