Pengaruh Model Pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7799Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V di SD Negeri 98 Palembang. Metode yang di gunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design dengan bentuk desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 74. Sedangkan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan di dapatkan nilai T- hitung 4,263> T- tabel 1,665 pada sampel T-test dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-test dapat di simpulkan Ha di terima dan Ho di tolak yang artinya model pembelajaran recyprocal teaching memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V di SD Negeri 98 Palembang.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Lestari, Y. E. ., Marleni, M., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6819–6827. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7799
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yohana Eka Lestari, Marleni, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).