Pengaruh Model Pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V

Authors

  • Yohana Eka Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7799

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V di SD Negeri 98 Palembang. Metode yang di gunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design dengan bentuk desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 74.  Sedangkan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan di dapatkan nilai T- hitung 4,263> T- tabel 1,665 pada sampel T-test dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-test dapat di simpulkan Ha di terima dan Ho di tolak yang artinya model pembelajaran recyprocal teaching memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas V di SD Negeri 98 Palembang.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Lestari, Y. E. ., Marleni, M., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Recyprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6819–6827. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7799

Most read articles by the same author(s)