Pengembangan Bahan Ajar Menulis Permulaan Dengan Model SAVI Untuk Kelas 1 SDN 20 Gelumbang

Authors

  • Muhammad Safar Upili Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5459

Abstract

Penelitian pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif bagi peserta didik kelas I Sekolah Dasar.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development ). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar yang berjumlah 20 orang. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model ADDEI, yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluuasi.. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar Walkrough, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik dan tes. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran bahan ajar yang merupakan media cetak. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dan menggunakan angket validasi ahli, analiss kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan dengan menggunakan lembar tes peserta didik. Hasil anlisis pengembangan bahan ajar menulis permulaan dengan model SAVI untuk siswa kelas I SDN 20 Gelumbang yang dilakukan peneliti yang telah dikembangkan bahwa dikategorikan valid dari lembar angket validasi dengn rata-rata kevalidan sebesar 3,8 % media pembelajaran bahan ajar yang telah dikembangkan dikategori praktis dari lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nialai rata-ratakepraktisan sebesar 97,8 % dan juga media tes dengan nilai rata-rata keefektifan sebesar 86,75 %. Akhirnya disimpulkan media pembelajaran bahan ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis huuf abjad

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Upili, M. S. ., Destiniar, D., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Permulaan Dengan Model SAVI Untuk Kelas 1 SDN 20 Gelumbang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1385–1392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5459

Most read articles by the same author(s)