Pengembangan Bahan Ajar Menulis Permulaan Dengan Model SAVI Untuk Kelas 1 SDN 20 Gelumbang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5459Abstract
Penelitian pengembangan ini betujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif bagi peserta didik kelas I Sekolah Dasar.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development ). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar yang berjumlah 20 orang. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model ADDEI, yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluuasi.. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar Walkrough, lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik dan tes. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran bahan ajar yang merupakan media cetak. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dan menggunakan angket validasi ahli, analiss kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan dengan menggunakan lembar tes peserta didik. Hasil anlisis pengembangan bahan ajar menulis permulaan dengan model SAVI untuk siswa kelas I SDN 20 Gelumbang yang dilakukan peneliti yang telah dikembangkan bahwa dikategorikan valid dari lembar angket validasi dengn rata-rata kevalidan sebesar 3,8 % media pembelajaran bahan ajar yang telah dikembangkan dikategori praktis dari lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nialai rata-ratakepraktisan sebesar 97,8 % dan juga media tes dengan nilai rata-rata keefektifan sebesar 86,75 %. Akhirnya disimpulkan media pembelajaran bahan ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis huuf abjadDownloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Upili, M. S. ., Destiniar, D., & Prasrihamni, M. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Permulaan Dengan Model SAVI Untuk Kelas 1 SDN 20 Gelumbang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1385–1392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5459
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Safar Upili, Destiniar Destiniar, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).