Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Nuning Jaryati UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Treny Hera UNIVERISTAS PGRI PALEMBANG
  • Rury Rizhardi UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Picture And Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 7 Muara Telang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dalam bentuk penelitan True Experimental Design dengan desiant pretest-postest control desiant. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 7 Muara Telang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive . Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV.A dan IV.B yang berjumlah 22 peserta didik. Kelas IV.A sebagai kelas kontrol dan kelas IV.B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil uji Hipotesis menggunakan statistik parametris Uji-t diperoleh dan  2,021. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 7 Muara Telang.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Jaryati, N. ., Hera, T. ., & Rizhardi, R. . (2022). Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2146–2153. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5030

Most read articles by the same author(s)