Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5462Abstract
Hal yang menjadi latar belakang peneliti menganalisis faktor penghambat membaca permulaan karena dari 33 siswa terdapat 20 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 Palembang yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu malas belajar karena siswa tidak minat dalam belajar dan autisme, sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian orang tua, tidak mengikuti pendidikan taman kanak – kanak (TK), tidak mengikuti les, dan kurangnya jam pelajaran disekolah karena masih dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Ariyanti, N. ., Marleni, M., & Prasrihamni, M. . (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1450–1455. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5462
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nova Ariyanti, Marleni Marleni, Mega Prasrihamni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).