Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang

Authors

  • Nova Ariyanti Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5462

Abstract

Hal yang menjadi latar belakang peneliti menganalisis faktor penghambat membaca permulaan karena dari 33 siswa terdapat 20 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 10 Palembang yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu malas belajar karena siswa tidak minat dalam belajar dan autisme, sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian orang tua, tidak mengikuti pendidikan taman kanak – kanak (TK), tidak mengikuti les, dan kurangnya jam pelajaran disekolah karena masih dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Ariyanti, N. ., Marleni, M., & Prasrihamni, M. . (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1450–1455. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5462

Most read articles by the same author(s)