An Analysis Of Code Mixing In Qania Fanani Youtube Channel
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13828Abstract
Umum bagi individu untuk menggunakan beberapa bahasa dalam kehidupan sehari-hari dan seringkali mencampurnya. Tren ini telah menjadi gaya berbicara yang populer dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui jenis campur kode yang dominan dan 2) untuk mengetahui faktor dominan yang menyebabkan Qania Fanani menggunakan campur kode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Muysken (200:1) untuk menganalisis jenis campur kode dan teori dari Hoffman (1991:116) yang mendefinisikan faktor-faktor penyebab campur kode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga jenis campur kode yang digunakan oleh Qania Fanani dalam video "Q and A kuliah di Amerika". Umum bagi individu untuk menggunakan beberapa bahasa dalam kehidupan sehari-hari dan seringkali mencampurnya. Tren ini telah menjadi gaya berbicara yang populer dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui jenis campur kode yang dominan dan 2) untuk mengetahui faktor dominan yang menyebabkan Qania Fanani menggunakan campur kode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Muysken (200:1) untuk menganalisis jenis campur kode dan teori dari Hoffman (1991:116) yang mendefinisikan faktor-faktor penyebab campur kode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga jenis campur kode yang digunakan oleh Qania Fanani dalam video "Q and A kuliah di Amerika".Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Tampubolon, S. ., Manalu, H. M., Sipayung, K. T. ., & Nainggolan, J. . (2023). An Analysis Of Code Mixing In Qania Fanani Youtube Channel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3204–3207. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13828
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sahlan Tampubolon, Hesty Malinda Manalu, Kammer Tuahman Sipayung, Juliper Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).