The Effect Of Using Gist Strategy Toward The First Year Students’ Reading Comprehension At SMAN 1 Beringin
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6899Abstract
Menurut penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh penulis, siswa di sekolah tidak dapat memahami makna teks dalam buku teks mereka. Berbagai faktor berkontribusi terhadap masalah ini. Penulis, misalnya, tertarik untuk melakukan penelitian tentang topik ini karena beberapa siswa tidak memahami isi teks bacaan dan tidak dapat mengidentifikasi informasi rinci dalam teks. Misi dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis dan fungsi teks bacaan. menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental untuk menganalisis data menggunakan strategi GIST. 260 siswa mengambil bagian dalam penelitian ini. Karena jumlah populasi yang kecil, maka penelitian ini menggunakan random sampling dengan dua kelas sebagai sampel: X1 adalah kelompok eksperimen, dengan 15 siswa, dan X6 adalah kelompok kontrol, dengan 15 siswa, dengan total 30 sampel dari dua kelas. . Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan rumus uji-t berpasangan manual. Setelah menganalisis data, penelitian menemukan nilai persentase siswa. Akibatnya, Ha didukung sementara Ho ditolak. Ini berarti bahwa penggunaan Strategi GIST meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin.Downloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Sitorus, . S. A. ., Simanjuntak, . P. D. ., Sihombing, D. ., Tampubolon, S. ., & Marpaung, T. I. . (2022). The Effect Of Using Gist Strategy Toward The First Year Students’ Reading Comprehension At SMAN 1 Beringin . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2033–2038. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6899
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Stevani Anastasya Sitorus, Putri Daud Simanjuntak, Diana Sihombing, Sahlan Tampubolon, Tiarma Intan Marpaung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).