The Effect Of Using Gist Strategy Toward The First Year Students’ Reading Comprehension At SMAN 1 Beringin

Authors

  • Stevani Anastasya Sitorus Nommensen HKBP University Medan
  • Putri Daud Simanjuntak Nommensen HKBP University Medan
  • Diana Sihombing Nommensen HKBP University Medan
  • Sahlan Tampubolon Nommensen HKBP University Medan
  • Tiarma Intan Marpaung Nommensen HKBP University Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6899

Abstract

Menurut penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh penulis, siswa di sekolah tidak dapat memahami makna teks dalam buku teks mereka. Berbagai faktor berkontribusi terhadap masalah ini. Penulis, misalnya, tertarik untuk melakukan penelitian tentang topik ini karena beberapa siswa tidak memahami isi teks bacaan dan tidak dapat mengidentifikasi informasi rinci dalam teks. Misi dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis dan fungsi teks bacaan. menggunakan strategi GIST untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental untuk menganalisis data menggunakan strategi GIST. 260 siswa mengambil bagian dalam penelitian ini. Karena jumlah populasi yang kecil, maka penelitian ini menggunakan random sampling dengan dua kelas sebagai sampel: X1 adalah kelompok eksperimen, dengan 15 siswa, dan X6 adalah kelompok kontrol, dengan 15 siswa, dengan total 30 sampel dari dua kelas. . Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan rumus uji-t berpasangan manual. Setelah menganalisis data, penelitian menemukan nilai persentase siswa. Akibatnya, Ha didukung sementara Ho ditolak. Ini berarti bahwa penggunaan Strategi GIST meningkatkan pemahaman membaca siswa tahun pertama di SMAN 1 Beringin.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Sitorus, . S. A. ., Simanjuntak, . P. D. ., Sihombing, D. ., Tampubolon, S. ., & Marpaung, T. I. . (2022). The Effect Of Using Gist Strategy Toward The First Year Students’ Reading Comprehension At SMAN 1 Beringin . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2033–2038. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6899

Most read articles by the same author(s)