Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Prediction,Observation, Explanation) TerhadapHasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinembah Pada Materi Pokok Hukum Archimedes
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20822Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikKelas VIII SMP Negeri 1 Sinembah Tanjung Muda Hulu (STMH) Pada Materi Pokok Hukum Archimedes . Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinembah Tanjung Muda Hulu (STMH) yang berjumlah 128 siswa. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII1) dan kelas kontrol (VIII2) yang berjumlah 56 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validitas instrumen. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 64,64 dengan standar deviasi 14,78 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 58,21 dengan standar deviasi 14,42. Melalui uji t dua pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk ?= 0,05 dan dk= 54 diperoleh thitung= 1,70 dan ttabel= 1,67, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinembah Tanjung Muda Hulu (STMH) Pada Materi Pokok Hukum Archimedes TP 2019/2020. Kata Kunci : POE, (Prediction, ObservationDownloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Nainggolan, J. ., Silaban , B., Sinaga , . S. L., Wijaya , D. ., & Sitinjak, E. K. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Prediction,Observation, Explanation) TerhadapHasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinembah Pada Materi Pokok Hukum Archimedes . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 192–200. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.20822
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Juliper Nainggolan, Bajongga Silaban , Sri Lamsari Sinaga, Dandy Wijaya , Erni Kusrini Sitinjak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).