Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Mengenal Ritual Kololi Kie pada Masyarakat Adat Kesultanan Ternate Melalui Program

Authors

  • Berto Paulus Simarmata Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nur Anjelina Safna Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Mei Boru Siringo-Ringo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kammer Tuahman Sipayung Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14287

Abstract

Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah wajib Mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang memfokuskan untuk menciptakan pemahaman konprehensif dan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara dari berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mata kuliah Modul Nusantara dalam mengenal Ritual Kololi pada Masyarakat adat Kesultanan Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Masyarakat Ternate. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam mengenal Ritual Kololi pada Masyarakat adat Kesultanan Ternate bagi Mahasiswa Inbound dengan cara mengamati secara langsung Ritual Kololi pada Masyarakat adat Kesultanan Ternate.

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Simarmata, B. P. ., Safna, N. A. ., Siringo-Ringo, M. B. ., & Sipayung, K. T. . (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Mengenal Ritual Kololi Kie pada Masyarakat Adat Kesultanan Ternate Melalui Program . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5034–5040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14287