The Effect Of Using Four Square Writing Method On Student’s Writing Descriptive Text At Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7428Abstract
Skripsi ini berfokus untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode menulis empat persegi terhadap keterampilan menulis siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan kuantitatif eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penulis ingin mengetahui perbedaan hasil tes menulis deskriptif siswa di kelas eksperimen dengan menerapkan Metode Four Square Writing dengan kelas kontrol tanpa menggunakan Metode Four Square Writing. Sampel penelitian ini berjumlah enam puluh siswa dari siswa kelas delapan SMP. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok purposive sampling yaitu Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan metode Four Square Writing, sedangkan kelas kontrol diajar tanpa Metode Four Square Writing. Instrumen pengumpulan datanya adalah ttest tulis. Penulis mengambil 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol mengajar 30 siswa. Data diambil dengan memberikan tes menulis. Tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk kedua kelas. Nilai rata-rata pre-test dalam metode Using Four Square Writing adalah 64,67 dan pre-test di kelas kontrol adalah 37,5. Nilai rata-rata post-test dalam menggunakan Metode Four Square Writing adalah 64,67 dan post-test di kelas kontrol adalah 37,5. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung (21,14) lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi (?) 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 58. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan Penulisan Four Square Metode pada keterampilan menulis siswa. Jadi, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Downloads
Published
2022-10-12
How to Cite
Tampubolon, G. A. B. ., & Tampubolon, S. . (2022). The Effect Of Using Four Square Writing Method On Student’s Writing Descriptive Text At Smp Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5158–5165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7428
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gabriel Ari Binong Tampubolon, Sahlan Tampubolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).