Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Dengan Penggunaan Media Geoboard

Authors

  • Nurasiah Nurasiah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13070

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matematika tingkat datar penerapan media geoboard pada siswa kelas 2 SD Negeri Pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri Pahlawan. Waktu penelitian dilaksanakan sekitar bulan mei april 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa adalah: sebelum tindakan hanya 12 (46,15%) yang tuntas, siklus I meningkat menjadi 16 siswa atau (61,54%) yang tuntas, dan siklus II meningkat. menjadi 23 siswa atau (88,46%) yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media geoboard dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi matematika tingkat datar siswa kelas 2 SD Negeri Pahlawan.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Nurasiah, . N., Wahyuni, M. ., & Nurmalina, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Dengan Penggunaan Media Geoboard. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6066–6074. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13070

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2