PENYULUHAN PENTINGNYA LITERASI DI MASA PANDEMIK PADA SISWA SMK PROFITA BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Yulia Herliani SMK Profita Bandung, Indonesia
  • Heri Isnaini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
  • Peni Puspitasari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.975

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Keterampilan Membaca, Kompetensi, Siswa SMK

Abstract

Penyuluhan ini bertujuan untuk menunjukkan pentingnya literasi pada siswa SMK terlebih di masa pandemik Covid 19. Literasi merupakan bagian dari proses peningkatan kemampuan siswa dalam memahami kompetensi dan peningkatan kemampuan berpikirnya. Kegiatan literasi adalah penghela untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Siswa SMK yang sudah dibekali dengan bidang keahlian akan dibantu dengan maksimal dengan program literasi yang terarah dan terukur. SMK Profita kota Bandung adalah sekolah kejuruan yang memiliki 3 bidang keahlian, yaitu bidang keahlian akuntansi keuangan lembaga; otomatisasi tata kelola perkantoran, dan bisnis daring pemasaran. Ketiga bidang keahlian tersebut dapat dimaksimalkan dengan wujud literasi yang baik dan efektif. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah wujud keseriusan pemerintah dan sekolah dalam memaksimalkan literasi di sekolah. Gerakan ini menjadi tanggung jawab semua warga sekolah untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui gerakan literasi. Penyuluhan ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) pengumpulan data dengan observasi dan pengamatan langsung; (2) persiapan penyuluhan yang terdiri atas persiapan materi dan media daring yang digunakan; (3) pelaksanaan penyuluhan dengan proses pemberian materi melalui media daring; (4) Evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini menunjukkan tingkat literasi yang rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: faktor ketersediaan bahan literasi, ketidaktahuan siswa, kurangnya motivasi berliterasi, dan teknik membaca yang salah. Dengan demikian, penyuluhan ini adalah usaha dan upaya untuk menumbuhkembangkan kegiatan literasi pada siswa SMK sehingga literasi dapat menjadi bagian untuk meningkatkan keahlian siswa.

Author Biographies

Yulia Herliani, SMK Profita Bandung, Indonesia

SMK Profita Bandung, Indonesia

Heri Isnaini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Peni Puspitasari, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Wisnuwardhana Malang, Indonesia

References

Arriany, I., Junadi, & Laksono, A. D. (2020). Pelatihan E-Learning untuk Tutor Pendidikan Kesetaraan. Community Development Journal, Vol. 1 No. 2, 118-124.

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pembelajar yang Berdampak pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Seuneubok: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya, dan Kependidikan, Volume 5, No. 1, 153-166.

Gardner, H. (1983). Frame of Mind: The Theory of Multiple Intelegences. New York: New York Basic Book.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhuan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community Development Journal, Vol 1 No. 2, 78-83. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/707/pdf

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujiwati, Y., Paramitha, M., & Maulana, M. Z. A. S. (2020). Menumbuhkan Rasa Kepedulian Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan di Sekolah MA Al Masyhur Bugul Kidul Kota Pasuruan. Community Development Journal, Vol. 1, No. 2, 157-164.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi sebuah Paradigma Pendidikan Abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), Volume 3, No. 2, 217-231.

Piaget, J. (2001). Teori Perkembangan Kognitif (P. Suparno, Trans.). Yogyakarta: Kanisius.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 4 Nomor 1, 151-174.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taufani, G. K. (2008). Menginstal Minat Baca Peserta Didik. Bandung: PT Globalindo Universal Multikreasi.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), Volume 1, No.1, 325-342.

Downloads

Published

2020-09-30