This is an outdated version published on 2022-11-14. Read the most recent version.

PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI DESA EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Fitriyeni Fitriyeni Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8787

Keywords:

Pendampingan, LKPD Digital

Abstract

Penggunaan teknologi di dalam dunia pendidikan saat ini tidak dapat dihindarkan. Saat ini teknologi dijadikan sebagai salah satu media dalam pembelajaran yang dapat membantu guru dalam pengajaran. Dengan adanya teknologi dapat membuat pelajaran menjadi menarik dan pembelajaran lebih bersifat konkrit dengan adanya berbagai media digital yang dapat digunakan dengan penggunaan teknologi. Adanya perkembangan teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan guru dalam mengajar. Tetapi pada kenyataannya penggunaan teknologi yang seharusnya dapat memudahkan guru tidak diiringi dengan keterampilan dari guru untuk menyiapkan bahan ajar yang berdasis teknologi. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan di Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, guru-guru disana masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dan guru di Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar meminta untuk dilakukan pendampingan dalam menyusun bahan ajar digital. Adapun bahan ajar yang kami dampingi adalah pembuatan LKPD digital. LKPD selain berfungsi sebagai sumber belajar juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Kegiatan pendampingan ini dilakukan sampai guru dapat menghasilkan LKPD digital.

References

Dewi, L. (n.d.). Pengembangan bahan ajar. 1–13.

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jlpd/article/view/962

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Dewi, L. (n.d.). Pengembangan bahan ajar. 1–13.

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jlpd/article/view/962

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2022-11-14

Versions

How to Cite

Fitriyeni, F. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI DESA EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1832–1835. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8787