PENDAMPINGAN PEMBUATAN LKPD DIGITAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI DESA EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8787Keywords:
Pendampingan, LKPD DigitalAbstract
Penggunaan teknologi di dalam dunia pendidikan saat ini tidak dapat dihindarkan. Saat ini teknologi dijadikan sebagai salah satu media dalam pembelajaran yang dapat membantu guru dalam pengajaran. Dengan adanya teknologi dapat membuat pelajaran menjadi menarik dan pembelajaran lebih bersifat konkrit dengan adanya berbagai media digital yang dapat digunakan dengan penggunaan teknologi. Adanya perkembangan teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan guru dalam mengajar. Tetapi pada kenyataannya penggunaan teknologi yang seharusnya dapat memudahkan guru tidak diiringi dengan keterampilan dari guru untuk menyiapkan bahan ajar yang berdasis teknologi. Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan di Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, guru-guru disana masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dan guru di Sekolah Dasar Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar meminta untuk dilakukan pendampingan dalam menyusun bahan ajar digital. Adapun bahan ajar yang kami dampingi adalah pembuatan LKPD digital. LKPD selain berfungsi sebagai sumber belajar juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Kegiatan pendampingan ini dilakukan sampai guru dapat menghasilkan LKPD digital.References
Dewi, L. (n.d.). Pengembangan bahan ajar. 1–13.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jlpd/article/view/962
Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dewi, L. (n.d.). Pengembangan bahan ajar. 1–13.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 (the Advantages of Using Digital Learning Media in Increasing Learning Motivation of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jlpd/article/view/962
Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Downloads
Published
Versions
- 2023-03-15 (3)
- 2022-11-14 (2)
- 2022-11-14 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fitriyeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.