OPTIMALISASI SOCIAL MEDIA MARKETING DENGAN PELATIHAN INVENTARISASI BARANG BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Nanang Adie Setyawan Politeknik Negeri Semarang
  • Suharmanto Suharmanto Politeknik Negeri Semarang
  • Mellasanti Ayuwardani Politeknik Negeri Semarang
  • Mona Inayah Pratiwi Politeknik Negeri Semarang
  • Khairul Saleh Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Eka Sadriatwati Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Marhaeni Salsiyah Politeknik Negeri Semarang
  • Umar Farouk Politeknik Negeri Semarang
  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang
  • Endang Sulistiyani Politeknik Negeri Semarang
  • Inayah Inayah Politeknik Negeri Semarang
  • Hadiahti Utami Politeknik Negeri Semarang
  • Ana Putri Nastiti Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47785

Keywords:

Sosial Media Marketing, UMKM, Inventarisasi, Pelatihan

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, trend di dunia bisnis menjadi semakin bervariasi. Salah satunya adalah trend digital marketing. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Media Sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, seiring dengan peningkatan kepemilikan telpon genggam atau gawai lainnya. Fenomena ini menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan baik itu produk maupun jasa. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguasaan dalam teknologi informasi khususnya media social marketing. Strategi bisnis yang tidak efektif akan membawa kerugian bagi pelaku bisnis. Hal ini menjadi tantangan besar bagi pelaku UMKM yang menjual produk hanya dari toko fisik. Pendampingan penggunaan Sosial Media bagi UMKM ini membekali peserta pelatihan agar memiliki kemampuan menggunakan Social Media Marketing secara optimal sehingga dapat memasarkan produk maupun jasa secara lebih luas, yang pada akhirnya terjadi peningkatan omset dalam penjualan.

References

Andrayani, I.P. and Nurendah, Y., 2013. Prosedur Penjualan Sepeda Motor Pada Dealer Honda Pt. Sanprima Sentosa Bogor (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan).

Agustianawati, P. and Puspitasari, R., 2018. Stock Performance Analysis. In International Conference on Accounting and Management Science 2018 (pp. 107-115).

Amanda, A.L., Efrianti, D. and Marpaung, B., 2019. Analisis Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laba Dan Rugi Terhadap Koefisien Respon Laba (Erc) Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(1), pp.188-200.

Andrian, W. and Fadillah, A., 2021. Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), pp.53-60.

Angga, A. and Nurendah, Y., 2013. Strategi Promosi Terhadap Penjualan Motor Honda Pada Pt. Sanprima Sentosa BOGOR. Jurnal Online Mahasiswa-Manajemen, 1 (1).

Barros-Cordeiro, K. B., Báo, S. N., & Pujol-Luz, J. R. (2014). Intra-puparial development of theblack soldier-fly, Hermetia illucens. Journal of Insect Science, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.1093/jis/ 14.1.83

Dewi, M.U., Mekaniwati, A., Nurendah, Y., Cakranegara, P. and Arief, A.S., 2020. Globalization challenges of micro small and medium enterprises. Eur. J. Mol. Clin. Med, 7(11), pp.1909-1915.

Dhamaeria, Vita. 2014. Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk Berdasarkan Kondusivitas Store Environment, Kualitas Display Produk terhadap keputusan pmbelian impulsive

Diasta, M. P., Hasyim, F., & Setyawan, N. A. (2023). Employee Management System and Customer Relation on Business Performance of Etos National Company. AFEBI Management and Business Review, 8(2), 118-124.

Kamaludin D., 2018. Analisa kinerja pengelolaan biogas dan potensi pengembangannya pada TPS 3R berbasis masyarakat di kota Bogor. Tesis Sekolah Pascasarjana, IPB: 66 pp.

Khoirunnisaa J., 2021. klhk-resmikan-sekolah-sampah-nusantara-di-cibubur. detikNews, https://news.detik.com/berita/d-5494761/klhk-resmikan-sekolah-sampah- nusantara-di-cibubur.

Mulyana, M., 2012. Consumer Behaviour: Sukses Dengan Memahami Konsumen.

Pamungkas, B., 2018. Determinan penerapan basis akrual secara penuh pada pemerintah daerah. Jurnal Akuntansi, 22(1), pp.68-85.

Rambet V, Umboh JF, Tulung YLR, Kowel YHS. 2016. Kecernaan protein dan energi ransum broiler yang menggunakan tepung maggot (Hermetia illucens) sebagai penggantitepungikan. J Zootek. 36:13-22.

Setyawan, N. A. (2021). The existence of Lasem Batik entrepreneurs during the COVID-19 pandemic. Admisi dan Bisnis, 22(1), 61-72.

Solihin, S. and Zuhdi, S., 2021. Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), pp.13-22.

Stella, L.A. and Puspitasari, R., 2020, May. Analysis of Bank Rating with RGEC Method Case Study at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk for the Period 2013–2017. In 2nd International Seminar on Business, Economics, Social Science and Technology (ISBEST 2019) (pp. 240-245). Atlantis Press.

Wibowo, B. Y., & Setyawan, N. A. (2024). The Sustainability of Lasem Batik in Terms of Green Marketing and Brand Quality. Calitatea, 25(198), 284-291.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Adie Setyawan, N., Suharmanto, S., Ayuwardani, M., Pratiwi, M. I., Saleh, K., Sadriatwati, S. E., … Nastiti, A. P. (2025). OPTIMALISASI SOCIAL MEDIA MARKETING DENGAN PELATIHAN INVENTARISASI BARANG BERBASIS DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 5003–5007. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.47785

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.