PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIS, DIGITAL, DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MENGHADAPI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45290Keywords:
keterampilan digital, kewirausahaan, industri 4.0, pelatihan SMK, pengabdian masyarakatAbstract
Perkembangan teknologi digital dan revolusi industri 4.0 menuntut lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki keterampilan teknis, digital, dan kewirausahaan yang adaptif terhadap perubahan industri. Namun, kenyataannya masih banyak lulusan SMK yang belum memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja modern. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan teknis, digital, dan kewirausahaan siswa SMK di Kota Medan sebagai langkah strategis menyiapkan mereka menghadapi dunia industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kombinasi Pendidikan Masyarakat, Pelatihan, dan Advokasi. Peserta kegiatan adalah 30 siswa kelas XII SMK di Kota Medan. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dengan tahapan penyuluhan, pelatihan praktik, dan pendampingan usaha digital. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada seluruh aspek keterampilan yang dilatihkan, dengan peningkatan keterampilan digital mencapai 37%. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme tinggi, khususnya pada sesi pelatihan pembuatan konten digital dan simulasi kewirausahaan. Kegiatan ini membuktikan bahwa kombinasi metode edukasi, pelatihan praktik, dan advokasi efektif dalam membekali siswa SMK dengan kompetensi yang relevan menghadapi era industri digital. Diharapkan program serupa dapat dikembangkan di sekolah-sekolah vokasi lainnya guna mendukung terciptanya SDM vokasi yang unggul dan mandiri.References
Ambiyar, Arwizet, Raimon Efendi, R. A. W. (2021). Desain Model Blended Learning Pada Pendidikan Vokasi Anak Berkebutuhan Khusus. CV Muharika Rumah Ilmiah.
Dr. H. Didi Sukardi, M. H., & Jefik Zulfikar Hafizd, M. H. (2024). MODEL PEMBELAJARAN Berbasis Penelitian Dan Pengabdian Pada Perguruan Tinggi. In CV. STRATA PERSADA ACADEMIA. CV. STRATA PERSADA ACADEMIA. www.stratapersada.com
Dzaljad, R. G., & Rahmawati, Y. (2023). Pelatihan Fotografi Kemanusiaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Cakap Bermedia Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5527. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17657
Febriyanto Ekosantoso, Muhammad Cholik, Soeryanto, H. A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 10(2), 1565–1572.
Irwansya, Syahrul, A. M. M. (2021). ANALISIS KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI 2 KOTA BIMA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Irwansya. UNM of Journal Technologycal, 5(3), 87–96.
Jaya, I., Jatiningrum, C., & Gumanti, M. (2023). Pelatihan Digital Enterpreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha bagi Generasi Muda pada SMK Miftahul Falah Sinar Mulya Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 89–95. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1027
KAYLANA, M. N. (2024). PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI UMKM MELALUI PROGRAM PEMASARAN JAKPRENEUR DI KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA. In PROGRAM STUDI PENGEMBENGAN MASYARAKAT ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDYATULLAH JAKARTA.
Nurul Hidayat, Nalendra Paccagnnelae, D. P. (2024). Peningkatan Keterampilan Keamanan Digital pada Siswa SMK Ananda Bekasi di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 4(3), 1–9.
Pratama, Iqbal Afifudin, R. S. H. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. JPTM, 13(3), 1–7.
Prof. dr. Punaji setyosari, M.ed., M. P., & saida Ulfa, s.t, M.ed, P. H. (2007). Inovasi Pendidikan di ERa Big Data dan Aspek PSIKOLOGINYA || 139. Inovasi Pendidikan Di Era Big Data Dan Aspek Psikologinya, 1967, 245–252.
Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. Dr. Suyanta, M.Si. Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M. A. D. H. S. (2019). REFLEKSI 20 TAHUN REFORMASI PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN KEBUDAYAAN. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Prof. Ir. Ambar Pertiwiningrum, M.Si, Ph.D., IPM., A. E., Dr. Ir. Bambang Suhartanto, DEA., IPU., A. E., Prof. Catur Sugiyanto, M.A., P. D., Puthut Indroyono, S. I., Teguh Ari Prabowo, S.Pt., M. S., Rajib Khafif Arruzzi, S.Si., M. S., & Margaretha Arnita Wuri, S.Si., M. S. (n.d.). Peta Jalan (Road Map) SMK Pertanian Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Di Kawasan Transmigrasi. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/94682345/Peta_jalan_road-mapSMK.pdf
Research & Development Dalam Pendidikan, PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL 24 (2023).
Siti Sujatini, Sularso Budilaksono, Euis Puspita Dewi, Essy Malays Sari Sakti, D., & Pramestari, Dwi Dinariana, Fitri Suryani, H. (2024). STRATEGI PENYULUHAN DAN PELATIHAN BAGI SISWA SMK: “MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR MELALUI PEMASARAN ONLINE DALAM ERA MAKING INDONESIA 4.0". JURNAL ABDI INSANI, 11(4), 1125–1134.
Statistika, B. P. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2021-2023. Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) - Badan Pusat Statistika. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Sugiarto, T., Zalinus, N., Refdinal, R., Purwanto, W., & Arif, A. (2022). Kompetensi Lulusan SMK Program Studi Teknik Otomotif Sesuai Dengan Tuntutan Revolusi Industri 4.0 : Kajian Literatur. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(2), 131–138. https://doi.org/10.24036/aeej.v3i2.158
Suhardi, Y., Darmawan, A., Zulkarnaini, Z., Pragiwani, M., & Sakti, S. H. (2024). Penyuluhan Membangun Wirausaha di Era Digital untuk Siswa SMK. Journal of Entrepreneurship and Community Innovations (JECI), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.33476/jeci.v3i1.122
Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi di Era Revolusi Industri 4.0: Review Perspektif Pendidikan Vokasional. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.30738/jtv.v9i1.7742
Yusuf, Z. (2024). SUKSES MENGELOLA PELATIHAN. In Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang (Vol. 53, Issue 4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jam’an Amadi, Fajrillah Fajrillah, Juliani Juliani, Shamir Hasyim Syarif, Jufri Antoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.