MEMBANGUN GENERASI MUDA CAKAP TEKNOLOGI, KREATIF, DAN MANDIRI DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45281Keywords:
Generasi Muda, Kecakapan Digital, Kreativitas, Kewirausahaan, Participatory Action Research, Era Digital.Abstract
Di era digital yang berkembang pesat, generasi muda dihadapkan pada tantangan sekaligus peluang untuk menjadi individu yang cakap teknologi, kreatif, dan mandiri. Namun, masih terdapat kesenjangan digital dan rendahnya pemanfaatan teknologi secara optimal di kalangan pemuda, khususnya di daerah perkotaan dan pinggiran. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan membekali generasi muda dengan keterampilan teknologi, kreativitas, dan kemandirian melalui pelatihan terstruktur berbasis participatory action research (PAR). Program ini melibatkan 60 siswa SMK di Kota Medan dalam rangkaian pelatihan digital, kewirausahaan, dan mentorship selama tiga bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan teknologi digital peserta sebesar 37%, kreativitas konten 45%, dan kemandirian bisnis digital 40%. Selain itu, 85% peserta mampu menggunakan Google Workspace dan Canva secara mandiri, sementara 75% berhasil menciptakan produk digital sederhana. Keberhasilan program ini juga ditunjukkan melalui antusiasme tinggi peserta, kolaborasi aktif dengan UMKM lokal, serta keberlanjutan proyek usaha digital pasca pelatihan. Temuan ini membuktikan efektivitas pendekatan terintegrasi dalam memberdayakan generasi muda menghadapi era digital, dan dapat direplikasi di berbagai institusi pendidikan untuk mendukung pembangunan ekonomi berbasis teknologi.References
Ahmad Muttaqin, M. K. A. (2024). DINAMIKA PENDAMPINGAN BLK KOMUNITAS : MENGURAI FAKTOR Abstrak. AL KHIDMAT : JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 7(2).
Chevalier, J. M. (2019). Participatory Action Research Theory and Methods for Engaged Inquiry. In Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781351033268
Dinda Sukmaningrum, Dodi Setiawan Triatmaja, N. N. (2025). Pelatihan Digital Marketing untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (DIKPORA) Yogyakarta. Innovative Action for Community Empowerment, 1(1), 50–61.
Dr. Muhammad Mudjib Musta’in, M.Si.,; Dr. Humaidah Muafiqie, M. S., Abd. Karman, M.M.,; Ummi Kalsum, S.E., M.Si.,; Dr. (C). Diana Novita, ST, M., Mansur Keling, S.Pd, M.Pd.E..,; Dr.Abdul Rahman, S.Pd, M. S., Trimulato, SE., M.SI.,; Riskiyatul Khasanah, M. E.,; Nasib, S.Pd., M., & Miranti Pradipta Utami, S.Pd., M.B.A.,; Dr. H. Moh Nasuka, SE., M.Pd., Seto, A. A. (2022). Buku Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Final 5.0. In CV. Global Aksara Pers (Issue March).
Habibi, M., & Tauhid, M. I. (2024). Strategi Pemberdayaan Pemuda melalui Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Sidoarjo. EKOSIANA : Jurnal Ekonomi Syariah, 115–131.
Hadi Ryandono, M. N. (2019). Fintech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 111. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39347
Kilmanun1, F. W. (2025). Transformasi Informasi Digital untuk Pelayanan Publik dan Pembangunan Daerah Tertinggal: Studi Strategis atas Peran Diskominfo Kabupaten Maluku Tenggara Digital Information Transformation in Public Service and Regional Development: A Strategic Study of th. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 185–199.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Parhan, M., Elvina, S. P., Rachmawati, D. S., & Rachmadiani, A. (2022). Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4294
Suryadi. (2019). Kewirausahaan dan Pemberdayaan Pemuda dalam Mengurangi Pengangguran. Jurnal Ketenagakerjaan, 14(1), 559941. https://www.neliti.com/publications/559941/
Taryudi, A., Maulana, D., Kistia, J., Hanifah, N., & Retno, D. (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya , Kabupaten Indramayu ( Economic Recovery for Local UMKM Families through Improved Product Packaging and Online Marketing in Pekand. Jurnal Pusat Inovasi Masyarat, 3(1), 27–35.
Yulianto, D. (2020). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha. Pos Kota, 1. https://poskita.co/2020/06/20/peran-pendidikan-dalam-pembentukan-jiwa-wirausaha/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajrillah Fajrillah, May Handri, Hasyim Hasyim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.