TIPS DAN TRIK: PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBASIS PENELITIAN KUANTITATIF

Authors

  • Anita Ninasari Universitas Khairun Ternate
  • Nurul Hikmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Marlina Marlina Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Jeffrey Payung Langi Politeknik Negeri Ambon
  • St. Rahmah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Bernardus Agus Rukiyanto Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46370

Keywords:

Artikel Ilmiah, Scopus, Penelitian Kuantitatif

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Tips dan Trik: Penyusunan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus Berbasis Penelitian Kuantitatif” dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas akademisi dan peneliti dalam menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal internasional bereputasi, khususnya yang terindeks Scopus. Topik ini dipilih karena masih banyak peneliti yang mengalami kesulitan dalam memahami proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah yang berkualitas, terutama dalam ranah penelitian kuantitatif. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan pelatihan daring melalui aplikasi Zoom, dengan tahapan penyampaian materi, diskusi interaktif, dan tanya jawab. Kegiatan diikuti oleh 33 peserta dari berbagai latar belakang akademik dan profesi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap teknik penyusunan artikel ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal Scopus, termasuk pemahaman tentang struktur artikel, strategi retoris, dan cara mengidentifikasi research gap. Pelatihan ini memberikan bekal penting bagi peserta untuk meningkatkan peluang publikasi di jurnal internasional dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas riset nasional. Kesimpulannya, pelatihan ini sangat relevan dan berdampak positif dalam mendorong produktivitas publikasi ilmiah di Indonesia.

References

Ahmar, A. S., Kurniasih, N., & Irawan, D. E. (2018). Lecturers' understanding on indexing databases of SINTA, DOAJ, Google Scholar, SCOPUS, and Web of Science: A study of Indonesians. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 012026. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012026

Arianto, M. A., & Basthomi, Y. (2021). The authors' research gap strategies in ELT research article introductions: Does Scopus journal quartile matter? Journal of Language and Linguistic Studies, 17(1), 25–38. https://search.informit.org/doi/abs/10.3316/informit.227950102809137

Geng, H., & Wei, H. (2023). Metadiscourse markers in abstracts of linguistics and literature research articles from Scopus-indexed journals. Journal of Modern Languages, 33(1). https://mojc.um.edu.my/index.php/JML/article/view/40024

Kurniawan, E. (2023). A comparative move analysis of low and high-impact social science Scopus journal articles written by reputable Indonesian authors. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/8738

Melnyk, Y. B. (2024). How journals are indexed in Scopus and whether this guarantees their quality: A practical case of the International Journal of Science Annals. IJSA, 2(3). https://dspace.uzhnu.edu.ua/jspui/handle/lib/74059

Nurcik, A. B., Kurniawan, E., & Lubis, A. H. (2022). Rhetorical moves analysis on Scopus-indexed research article abstracts by national and international authors. English Review: Journal of English Education, 10(2), 115–124. http://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/6235

Phoocharoensil, S. (2022). ELT and AL research trends in Thai Scopus-indexed journals. Pasaa, 64(1), 187–210. https://digital.car.chula.ac.th/pasaa/vol64/iss1/8/

Pranckutė, R. (2021). Web of Science (WoS) and Scopus: The titans of bibliographic information in today’s academic world. Publications, 9(1), 12. https://doi.org/10.3390/publications9010012

Susilowati, E., Faridi, A., & Sakhiyya, Z. (2022). Thematic structure and thematic progression in research articles published in Scopus-indexed international journals. English Education Journal, 12(2), 185–194. https://journal.unnes.ac.id/sju/eej/article/view/53229

Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.

Tresna, I. C., Maulana, T. A., & Sintowoko, D. A. W. (2021). Analisis Semiotika Sosok Disabilitas Pada Serial Animasi Nussa. EProceedings of Art & Design, 8(2).

Wardat, Y., & AlAli, R. (2025). How to publish research papers in Scopus-indexed general and educational journals. Educational Process: International Journal. https://www.ceeol.com/content-files/document-1397452.pdf

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Ninasari, A., Hikmah, N., Marlina, M., Langi, J. P., Rahmah, S., & Rukiyanto, B. A. (2025). TIPS DAN TRIK: PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBASIS PENELITIAN KUANTITATIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4247–4251. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46370

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.