TIPS DAN TRIK: PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBASIS PENELITIAN KUANTITATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.46370Keywords:
Artikel Ilmiah, Scopus, Penelitian KuantitatifAbstract
Pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Tips dan Trik: Penyusunan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus Berbasis Penelitian Kuantitatif” dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas akademisi dan peneliti dalam menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal internasional bereputasi, khususnya yang terindeks Scopus. Topik ini dipilih karena masih banyak peneliti yang mengalami kesulitan dalam memahami proses penulisan dan publikasi artikel ilmiah yang berkualitas, terutama dalam ranah penelitian kuantitatif. Metode kegiatan ini menggunakan pendekatan pelatihan daring melalui aplikasi Zoom, dengan tahapan penyampaian materi, diskusi interaktif, dan tanya jawab. Kegiatan diikuti oleh 33 peserta dari berbagai latar belakang akademik dan profesi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap teknik penyusunan artikel ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal Scopus, termasuk pemahaman tentang struktur artikel, strategi retoris, dan cara mengidentifikasi research gap. Pelatihan ini memberikan bekal penting bagi peserta untuk meningkatkan peluang publikasi di jurnal internasional dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas riset nasional. Kesimpulannya, pelatihan ini sangat relevan dan berdampak positif dalam mendorong produktivitas publikasi ilmiah di Indonesia.References
Ahmar, A. S., Kurniasih, N., & Irawan, D. E. (2018). Lecturers' understanding on indexing databases of SINTA, DOAJ, Google Scholar, SCOPUS, and Web of Science: A study of Indonesians. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 012026. https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012026
Arianto, M. A., & Basthomi, Y. (2021). The authors' research gap strategies in ELT research article introductions: Does Scopus journal quartile matter? Journal of Language and Linguistic Studies, 17(1), 25–38. https://search.informit.org/doi/abs/10.3316/informit.227950102809137
Geng, H., & Wei, H. (2023). Metadiscourse markers in abstracts of linguistics and literature research articles from Scopus-indexed journals. Journal of Modern Languages, 33(1). https://mojc.um.edu.my/index.php/JML/article/view/40024
Kurniawan, E. (2023). A comparative move analysis of low and high-impact social science Scopus journal articles written by reputable Indonesian authors. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jollt/article/view/8738
Melnyk, Y. B. (2024). How journals are indexed in Scopus and whether this guarantees their quality: A practical case of the International Journal of Science Annals. IJSA, 2(3). https://dspace.uzhnu.edu.ua/jspui/handle/lib/74059
Nurcik, A. B., Kurniawan, E., & Lubis, A. H. (2022). Rhetorical moves analysis on Scopus-indexed research article abstracts by national and international authors. English Review: Journal of English Education, 10(2), 115–124. http://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE/article/view/6235
Phoocharoensil, S. (2022). ELT and AL research trends in Thai Scopus-indexed journals. Pasaa, 64(1), 187–210. https://digital.car.chula.ac.th/pasaa/vol64/iss1/8/
Pranckutė, R. (2021). Web of Science (WoS) and Scopus: The titans of bibliographic information in today’s academic world. Publications, 9(1), 12. https://doi.org/10.3390/publications9010012
Susilowati, E., Faridi, A., & Sakhiyya, Z. (2022). Thematic structure and thematic progression in research articles published in Scopus-indexed international journals. English Education Journal, 12(2), 185–194. https://journal.unnes.ac.id/sju/eej/article/view/53229
Tresna, I. C., & Sijabat, R. (2023). Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Widyakala Journal: Journal of Pembangunan Jaya University, 10, 87.
Tresna, I. C., Maulana, T. A., & Sintowoko, D. A. W. (2021). Analisis Semiotika Sosok Disabilitas Pada Serial Animasi Nussa. EProceedings of Art & Design, 8(2).
Wardat, Y., & AlAli, R. (2025). How to publish research papers in Scopus-indexed general and educational journals. Educational Process: International Journal. https://www.ceeol.com/content-files/document-1397452.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anita Ninasari, Nurul Hikmah, Marlina Marlina, Jeffrey Payung Langi, St. Rahmah, Bernardus Agus Rukiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










