GENERASI EMAS AKTIF DAN SEHAT (GEMAS): PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK PADA YAYASAN KHAZANAH KEBAJIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.41110Keywords:
Peningkatan, aktivitas fisik, indeks massa tubuhAbstract
Aktivitas fisik yang cukup dan teratur merupakan komponen penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Kurangnya intensitas dalam melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan timbulkan berbagai permasalahan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa-siswi mengenai pentingnya melakukan aktivitas fisik secara rutin. Kegiatan berlangsung di Yayasan Khazanah Kebajikan pada 8 November 2024 dengan metode edukatif interaktif yang mencakup sesi penyuluhan, pre-post-test, senam bersama dan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT). Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang aktivitas fisik pada kategori kurang baik yang turun dari 11,62% menjadi 0%, peningkatan pada kategori baik dari 74,41% menjadi 83,72% dan kategori sangat baik dari 13,95% menjadi 16,28%. Sebagian siswa masih belum memahami konsep IMT secara mendalam, terlihat dari banyaknya siswa-siswi dengan status IMT kurang ideal. Diperlukan edukasi lebih lanjut mengenai kaitan IMT dengan aktivitas fisik dan pola makan yang sehat untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi dengan lebih komprehensif.References
Aleksy, P., Grot, M., Nigowski, M., Sobecko, E., Grajek, M. & Krupa-Kotara, K. (2023). Effect of physical activity on body weight of elementary school children. Quality in Sport, 14(1), 37–56. https://doi.org/10.12775/qs.2023.14.01.003
Chaeroni, A., Kusmaedi, N., Ma’mun, A. & Budiana, D. (2021). Aktivitas Fisik : Apakah Memberikan Dampak Bagi Kebugaran Jasmani dan Kesehatan Mental? Jurnal Sporta SAintika, 6(1), 54–61.
Fadilah, N. & Sefrina, L. R. (2022). Hubungan Pola Makan, Asupan Kebisaan Makan, Dan Aktifitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar : Literature Review. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 7(3), 200. https://doi.org/10.30829/jumantik.v7i3.11500
Ferdiana, R. D. (2023). Sedentary Behavior vs Aktivitas Fisik. Kemenkes RI: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2663/sedentary-behavior-vs-aktifitas-fisik
Hiroshi, E. (2024). The Relationship between Physical Activity and Academic Achievement among Elementary School Children in Japan. International Journal of Physical Education, Recreation and Sports, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.47604/ijpers.2278
Jeki, A. G. & Isnaini, I. F. (2022). Aktivitas Fisik Pada Remaja dengan Kegemukan: Sistematik Review. IKESMA: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(2), 117. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i1.24902
Kemenkes RI. (2018). Aktivitas Fisik dan Manfaatnya. Ayo Sehat Kemkes. https://ayosehat.kemkes.go.id/aktivitas-fisik-dan-manfaatnya
Mulyaningsih, F., Sumhendartin Suryobroto, A., Cahya Pertiwi, N., Bandi Utama, A., Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., Negeri Yogyakarta, U., Kunci, K., Fisik, A., Hidup Sehat, P. & Jasmani, K. (2023). Hubungan Antara Aktivitas Fisik dan Pola Hidup Sehat dengan TIngkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakulikuler Olahraga di SMP Negeri 2 Mlati. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 29(1), 15–21.
Rahmi, P. & Hijriati. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 sampai 12 tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 141–154.
Rosiana, W., Angga, P. D. & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 964–975. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707
Rosidin, U., Sumarni, N., Suhendar, I. & Keperawatan, F. (2019). Penyuluhan tentang Aktifitas Fisik dalam Peningkatan Status Kesehatan. MKK, 2(2), 108–118.
Sari, A. L., Widyastuti, Y., Istiqomah, N. & Shofiyatun, S. (2024). Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Anak dan Remaja dengan Obesitas: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(2), 309–322.
Sari, L. I., Parmila, N., Savitri2, H., Zuhal, M., Program, P., Kebidanan, S. S., Tinggi, S., Kesehatan, I. & Pati, B. U. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Stunting Anak Usia 6-8 Tahun di Sekolah Minggu Ananda. Jurnal Bina Cipta Husada, 18(2), 36–44.
Suryoadji, K. A. & Nugraha, D. A. (2021). Aktivitas Fisik Pada Anak dan Remaja Selama Pandemi COVID-19: A Systematic Review. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 13(1), 1–6.
Tomasoa, V. A., Dary & Dese, D. C. (2021). Hubungan Asupan Makan dan Aktifitas Fisik Terhadap Status Gizi Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(2), 105–113.
WHO. (2024). Physical Activity. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Widiyatmoko, F. A. & Hadi, H. (2018). Tingkat Aktivitas Fisik Siswa di Kota Semarang. JOURNAL SPORT AREA, 3(2), 140. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2245
Yosa NurSidiq Fadhilah, Suganda Tanuwidjaja & Asep Saepulloh. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 113 Banjarsari Kota Bandung Tahun 2019-2020. Jurnal Riset Kedokteran, 1(2), 80–84. https://doi.org/10.29313/jrk.v1i2.449
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marshella Yuanda, Adelia Suryani, Helwa Rachman, Bebby Shandra Caecarya Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.