SOSIALISASI BENTUK-BENTUK OLAHRAGA PERMAINAN ADAPTIF YANG AMAN DAN NYAMAN BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB KASIH IBU PEKANBARU

Authors

  • Merlina Sari Universitas Islam Riau
  • Novia Nazirun Universitas Islam Riau

Keywords:

Olahraga; Permaianan Adaptif; Anak-Anak; Berkebutuhan Khusus

Abstract

Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) menghadapi berbagai tantangan dalam berpartisipasi dalam aktivitas olahraga, terutama di lingkungan pendidikan khusus seperti Sekolah Luar Biasa (SLB). Kurangnya pemahaman dan sosialisasi mengenai olahraga permainan adaptif menjadi salah satu kendala utama dalam menyediakan lingkungan olahraga yang aman, nyaman, dan inklusif bagi ABK. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan berbagai bentuk olahraga permainan adaptif yang aman dan nyaman bagi ABK di SLB Kasih Ibu Pekanbaru. Melalui sosialisasi ini, diharapkan guru dan tenaga kependidikan dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan dalam mengimplementasikan aktivitas olahraga yang sesuai dengan kebutuhan ABK. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendekatan sosialisasi dan pelatihan partisipatif yang melibatkan guru, tenaga kependidikan, serta peserta didik di SLB Kasih Ibu Pekanbaru. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi teoritis, demonstrasi praktik olahraga adaptif, serta sesi diskusi dan evaluasi untuk mengukur efektivitas sosialisasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sosialisasi olahraga permainan adaptif meningkatkan pemahaman guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan dan menerapkan strategi olahraga yang lebih inklusif. Selain itu, partisipasi ABK dalam aktivitas fisik mengalami peningkatan, baik dari segi keterlibatan maupun kenyamanan mereka dalam berolahraga. Pengabdian ini menegaskan pentingnya sosialisasi olahraga permainan adaptif dalam mendukung pendidikan jasmani yang inklusif bagi ABK. Rekomendasi utama dari pengabdian ini adalah perlunya program pelatihan berkelanjutan bagi tenaga kependidikan di SLB serta pengembangan kebijakan pendidikan jasmani yang lebih adaptif di sekolah luar biasa. Implikasi dari temuan ini juga menyoroti urgensi kolaborasi antara akademisi, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan dalam menciptakan lingkungan olahraga yang lebih inklusif bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

References

Amor AM, Hagiwara M, Shogren KA, Thompson JR, Verdugo MÁ, Burke KM, et al. International perspectives and trends in research on inclusive education: a systematic review. Int J Incl Educ [Internet]. 2019;23(12):1277–95. Available from: https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1445304

Başkonuş T, Çiriş V. Describing the Competence Perception Levels of Physical Education and Sports Teachers in Integrative Practices: Kirşehir Province Example. Int Educ Stud [Internet]. 2021;14(2):1–12. Available from: 10.5539/ies.v14n2p21

Case L, Schram B, Jung J, Leung W, Yun J, Case L, et al. A meta-analysis of the effect of adapted physical activity service-learning programs on college student attitudes toward people with disabilities. Disabil Rehabil [Internet]. 2020;0(0):1–13. Available from: https://doi.org/10.1080/09638288.2020.1727575

Wilhelmsen T, Sørensen M. Inclusion of children with disabilities in physical education: A systematic review of literature from 2009 to 2015. Adapt Phys Act Q. 2017;34(3):311– 37. Casebolt K, Rizzo T. Concurrent Evidence of Physical Educators’ Attitude toward Teaching Individuals with Disabilities. 2020

Special Olympics. (n.d.). Unified Sports Program. Retrieved from https://www.specialolympics.org.

American Alliance for Health, Physical Education, Recreation and Dance (AAHPERD). (n.d.). Adapted Physical Education. Retrieved from http://www.shapeamerica.org.

UNICEF Indonesia. (2021). Pentingnya Pendidikan Olahraga Inklusif untuk Anak. Retrieved from https://www.unicef.org.

Block, M. E. (2007). A Teacher's Guide to Including Students with Disabilities in General Physical Education. Baltimore: Brookes Publishing.

Sherrill, C. (2004). Adapted Physical Activity, Recreation, and Sport: Crossdisciplinary and Lifespan. Boston: McGraw-Hill.

Winnick, J. P. (2011). Adapted Physical Education and Sport (5th Edition). Champaign, IL: Human Kinetics.

Maroua, Mammeri. (2024). sports as a means of prevention from life diseases. مجلة الحكمة للدّراسات والأبحاث, 4(04):1319-1326. https://doi.org/10.55165/wjfsar.v4i04.384

María, de, la, Trinidad, Morales, Belando., Noelia, González, Gálvez., Aarón, Manzanares, Serrano. (2024). A guide to physical activities for individuals with specific learning disorders. https://doi.org/10.59650/icei4202

Aylin, Zekioğlu., Arkun, Tatar., Didem, Ayhan. (2024). The Importance of Physical Activity in Terms of Mental Health: Investigating the Role of Regular Physical Activity in the Relationships Between Happiness, Mental Well-Being, Stress, Anxiety, and Depression. Avrasya Spor Bilimleri ve Eğitim Dergisi, 128-142. https://doi.org/10.47778/ejsse.1434717

Alharbi, H. (2023). Unified Sports, Social Inclusion, and Athlete-Reported Experiences: A Systematic Mixed-Studies Review. Proceedings of the 2022 AERA Annual Meeting. https://doi.org/10.3102/1881253

Kurniawan, A., & Samudro, B. R. (2024). Optimizing Social and Economic Inclusion through Adaptive Sports Programs for Persons with Disabilities: A Pathway to Achieving SDGs. International Journal of Current Science Research and Review. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v7-i5-67

Sula, G. (2023). Building an Inclusive Future: Empowering Through Assistive Technologies (pp. 165–174). Edições Universitárias Lusófonas. https://doi.org/10.24140/asdigital.v1.p02.11

Vitor, A. M., Ferreira, T. V., Oliveira, J. R. V. de, Lôbo, I. L. B., & Martins, C. A. (2024). As contribuições da educação física escolar no desempenho motor de crianças com deficiência: uma revisão de escopo. Revista Da Associação Brasileira de Atividade Motora Adaptada, 25(2), 273–290. https://doi.org/10.36311/2674-8681.2024.v25n2.p273-290

Adityatama, M. N. A., & Faizah, N. M. (2024). The Impact of Inclusive Sports Learning on Improving Motor Skills of Students with Special Needs. 1(2), 1–11. https://doi.org/10.62872/wwth8z73

Putri, A. J. D., Zahra, K., Apriyani, N., Jauhar, R. M., Agustin, T. N. E., Mariannisa, Z. S. I., & Mulyana, A. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Dalam Membantu Perkembangan Fisik Dan Sosial-Emosional Pada Siswa Sekolah Dasar. Guruku/Guruku, Kampar, 2(2), 257–270. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.666

Putri, A. J. D., Zahra, K., Apriyani, N., Jauhar, R. M., Agustin, T. N. E., Mariannisa, Z. S. I., & Mulyana, A. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Dalam Membantu Perkembangan Fisik Dan Sosial-Emosional Pada Siswa Sekolah Dasar. Guruku/Guruku, Kampar, 2(2), 257–270. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.666

Fierro, B., & Treviño, E. (2024). Inclusion of Students With Disabilities in Physical Education: The Crossroads of Systemic Coherence. Physical Culture and Sport. Studies and Research. https://doi.org/10.2478/pcssr-2025-0004

Kim, M., Thomas, A., Sharpe, S., & Farrell, J. W. (2024). Understanding Reasons for Participation and Barriers Within Adaptive Sports for Individuals with Physical Disabilities. Recreational Sports Journal. https://doi.org/10.1177/15588661241292027

Mawena, J., & Sorkpor, R. S. (2024). Enhancing inclusive physical activity for students with disabilities: Patterns and opportunities. https://doi.org/10.29333/aquademia/14430

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Sari, M., & Nazirun, N. (2025). SOSIALISASI BENTUK-BENTUK OLAHRAGA PERMAINAN ADAPTIF YANG AMAN DAN NYAMAN BAGI ANAK-ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB KASIH IBU PEKANBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1470–1475. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/41829

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.