OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KELOMPOK PENGRAJIN BATIK DI DESA PERKEBUNAN TANJUNG KASAU KABUPATEN BATU BARA

Authors

  • Rani Puspita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Richad Gultom Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Nabilla Natasha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Khofifah Khofifah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Septian Arisandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Hidayat Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Mangasi Sinurat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Cia Cai Cen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Eka Mayastika Sinaga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Nursaimatussadiya Nursaimatussadiya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya
  • Bobby Hartanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40417

Keywords:

Batik, Promosi, Media Sosial

Abstract

Kerajinan batik merupakan aset budaya dan aset pariwasta yang dapat dikembangkan di Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kabupaten Batu Bara yang cukup edukatif dan aplikatif yang ditunjukan dengan seni batik yang dapat membantu kunjungan pariwisata. Peluang Usaha UMKM Batik di Desa Perkebunan Tanjung Kasau memiliki banyak potensi untuk memperoleh tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Namun, disayangkan potensi yang ada belum dapat maksimal dilakukan, hal itu disebabkan kurangnya sumber daya manusia yang menjadi regenerasi sebagai pengrajin batik dan juga kurangnya minat masyarakat sekitar untuk memakai produk batik tulis dan cap yang memiliki karya seni tinggi, masyarakat lebih memilih memakai batik yang dijual lebih murah dan sudah siap pakai. Kelompok UMKM batik ini memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media untuk berpromosi. Permasalahan dari pembatik pada kelompok UMKM ini belum mengoptimalisasikan pemanfaatan media sosial Instagram sehingga engagement rate yang didapatkan masih terbilang rendah. Oleh karena itu pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial khusunya Instagram agar mampu meningkatkan upaya promosi sehingga berdampak pada peningkatan penjualan batik.

References

Devy, HA & Soemanto, RB. 2017. Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Azis, Yusuf Abdhul. 2022. Store Cv. Budi Utama: Pengertian KKN (Kuliah Kerja Nyata). D.I Yogyakarta.

Kamil, M. (2007). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta. Ramdhani, E. (2022). Wawancara 30 Januari.

Untari, Dewi, & Fajariana, D.E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 2

Santi Susanti, Wahyu & Iwan. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Pemasaran Batik Sukapura. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 8, No. 1, 2023; pp. 95-104.

Qoute Nuraini Cahyaningrum, Imani Satriani & Sari Rejeki. (2023). Optimalisasi Media Sosial Instagram Kelompok Umkm Batik Di Kampung Batik Cibuluh Bogor. Jurnal Penelitian Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana Volume 29, Nomor 2 Tahun 2023.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sari, R. P., Gultom, R., Natasha, N., Khofifah, K., Arisandi, S., Hidayat, H., … Hartanto, B. (2024). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KELOMPOK PENGRAJIN BATIK DI DESA PERKEBUNAN TANJUNG KASAU KABUPATEN BATU BARA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12721–12725. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40417

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.