STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA SUNGAI MERAH DESA BANDUR PICAK KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38840Keywords:
Desa Bandur Picak, Media Sosial, Promosi Wisata, Wisata Sungai MerahAbstract
Setiap aspek kehidupan manusia telah dipengaruhi oleh perkembangan internet, termasuk promosi melalui medai sosial. Dengan menggunakan media sosial akan menjadi salah satu strategi untuk mencapai tujuan . Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan media sosial sebagai media promosi yang efektif. Tujuan dari jurnal pengabdian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana optimalisasi dan efektivitas penggunaan media sosial dapat meningkatkan branding wisata di Desa Bandur Picak. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, menggunakan kajian teori dan referensi lainnya. Analisis dan evaluasi pembekalan dilakukan pada tahap akhir penelitian ini. Hasil dari pelatihan yang diberikan kepada masyarakat desa bandur picak menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan mereka dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk promosi wisata. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan jumlah pengikut media sosial, engagement rate, dan potensi promosi wisata. Selain itu desa menerima feedback positif dari masyarakat terkait konten yang lebih informatif dan menarik. Kesimpulannya, optimalisasi media sosial yang dilakukan mampu meningkatkan ketertarikan masyarakat luar dan efektivitas strategi promosi wisata desa.References
Anholt, S. (2009). Handbook on Tourism Destination Branding. ETC, WTO.
Erwin, Suade, Y. K. M., & Poernomo, W. (2021). Analyzing Digital Marketing, Green Marketing, Networking And Product Innovation On Sustainability Business Performance, Silk Cluster In Polewali- Mandar, West Sulawesi. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 814–821.
Indonesia Id, D. (2022). Pengguna Aktif Media social 2022.
Joanna Carter. (2020). Social media marketing trends 2020 (Issue August). https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/social-media-marketing-trends-2020/
Kottler, Philip; Lane Keller, K. (2016). Handbook Of Research Of Effective Advertisin Strategies In The Social Media Age. IGI GLOBAL.
Kristo Muljono, R. (2018). Digital Marketn Concept. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2020). Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon” pada pembentukan identitas kota. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3(2013), 315–323. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178
Padang, F., Husna, A., & Fahrimal, Y. (2022). Penerapan Strategi City Branding Dalam Mewujudkan Subulussalam Sebagai Kota Santri. Jurnal Common, 5(2), 165–177. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6342
Sari, W. P., & Paramita, S. (2022). Viral Marketing Di Media Sosial Sebagai Gaya Baru Komunikasi Pemasaran. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 309–319. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20243
Utami, T. et Al. (2024). Buku ajar bisnis digital (Y. Agusdi (ed.); Issue February). sonpediaa. Com.
Wikipedia. (2023). Bandar Picak, Koto Kampar Hulu, Kampar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roshiful Qolbi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










