STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA SUNGAI MERAH DESA BANDUR PICAK KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Roshiful Qolbi Politeknik LP3I Pekanbaru
  • Ika Wulandari Politeknik LP3I Pekanbaru
  • Putri E. I Politeknik LP3I Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38840

Keywords:

Desa Bandur Picak, Media Sosial, Promosi Wisata, Wisata Sungai Merah

Abstract

Setiap aspek  kehidupan manusia telah dipengaruhi oleh perkembangan  internet,  termasuk  promosi melalui medai sosial. Dengan menggunakan media  sosial  akan menjadi  salah  satu  strategi   untuk  mencapai  tujuan .  Oleh  karena  itu,  sangat  penting  memperhatikan  media  sosial sebagai  media  promosi  yang  efektif.  Tujuan  dari  jurnal  pengabdian  ini  adalah  untuk  mendapatkan pemahaman   tentang   bagaimana   optimalisasi   dan   efektivitas   penggunaan   media   sosial   dapat meningkatkan  branding wisata di Desa Bandur Picak.  Penelitian  ini  dilakukan dengan  metode  kualitatif,  menggunakan  kajian  teori  dan  referensi  lainnya.  Analisis  dan  evaluasi pembekalan  dilakukan  pada  tahap  akhir  penelitian  ini.  Hasil  dari  pelatihan  yang  diberikan  kepada masyarakat desa bandur picak    menunjukkan   peningkatan   signifikan   dalam pemahaman   dan   kemampuan   mereka   dalam   mengoptimalkan   penggunaan   media sosial   untuk promosi wisata. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan jumlah pengikut media sosial, engagement rate, dan potensi promosi wisata.  Selain  itu desa menerima  feedback  positif  dari  masyarakat  terkait  konten yang  lebih  informatif  dan menarik. Kesimpulannya,  optimalisasi   media   sosial   yang   dilakukan   mampu   meningkatkan ketertarikan masyarakat luar dan efektivitas strategi  promosi wisata desa.

References

Anholt, S. (2009). Handbook on Tourism Destination Branding. ETC, WTO.

Erwin, Suade, Y. K. M., & Poernomo, W. (2021). Analyzing Digital Marketing, Green Marketing, Networking And Product Innovation On Sustainability Business Performance, Silk Cluster In Polewali- Mandar, West Sulawesi. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 814–821.

Indonesia Id, D. (2022). Pengguna Aktif Media social 2022.

Joanna Carter. (2020). Social media marketing trends 2020 (Issue August). https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/social-media-marketing-trends-2020/

Kottler, Philip; Lane Keller, K. (2016). Handbook Of Research Of Effective Advertisin Strategies In The Social Media Age. IGI GLOBAL.

Kristo Muljono, R. (2018). Digital Marketn Concept. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2020). Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon” pada pembentukan identitas kota. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3(2013), 315–323. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178

Padang, F., Husna, A., & Fahrimal, Y. (2022). Penerapan Strategi City Branding Dalam Mewujudkan Subulussalam Sebagai Kota Santri. Jurnal Common, 5(2), 165–177. https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6342

Sari, W. P., & Paramita, S. (2022). Viral Marketing Di Media Sosial Sebagai Gaya Baru Komunikasi Pemasaran. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 309–319. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.20243

Utami, T. et Al. (2024). Buku ajar bisnis digital (Y. Agusdi (ed.); Issue February). sonpediaa. Com.

Wikipedia. (2023). Bandar Picak, Koto Kampar Hulu, Kampar.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Qolbi, R. ., Wulandari, I. ., & I, P. E. (2024). STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI WISATA SUNGAI MERAH DESA BANDUR PICAK KABUPATEN KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11950–11955. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38840

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.