PENGEMBANGAN PROMOSI WISATA MELALUI COPYWRITING DI MEDIA SOSIAL OLEH KARANG TARUNA DESA WARNASARI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.936Keywords:
Instagram, Karang Taruna, Media Sosial, Promosi Wisata.Abstract
Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan di Indonesia, yang merupakan wadah bagi para generasi muda yang berada di wilayah Desa maupun Kelurahan, sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kepemudaan. Berdasarkan gambaran dari potensi yang ada di Kecamatan Pangalengan, maka diharapkan Karang Taruna dapat menjadi katalisator untuk mempromosikan potensi alam dan potensi wisata yang ada di Kecamatan Pangalengan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, peningkatan devisa dan pembangunan ekonomi daerah untuk ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di era 4.0. Berdasarkan uraian yang telah diuraikan pada analisis situasi, maka ada beberapa rumusan permasalahan mitra yang dapat di identifikasi, diantaranya: (1) Mitra belum memanfaatkan teknologi sosial media instagram sebagai media promosi pariwisata Desa Warnasari, (2) Mitra belum mengetahui teknik copywriting sebagai alat promosi wisata di Era 4.0. Solusi yang diharapakan diantaranya: (1) Pengarahan dan pelatihan kepada mitra dalam penggunaan teknologi sosial media instagram untuk mempromosikan potensi wisata di Kecamatan Pangalengan, (2) Bimbingan Teknis (Bimteks) dan pendampingan membuat copywriting di sosial media instagram. Berdasarkan solusi dan target luaran dari rencana pelaksanaan program pada mitra Karang Taruna, maka Tim menetapkan metode pendekatan: (1) Metode Pengarahan dan Pelatihan, (2) Metode Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan. Kesimpulan dari program ini: (1) Mitra dapat memanfaatkan teknologi media sosial, dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di instagram, (2) Mitra dapat membuat konten yang menarik di media sosial intagram untuk promosi wisata.References
Burhan Bungin, Sosiologi Komunikasi. Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2005.
David Meerman Scott, The New Rules Of Marketing and PR. New Jersey John Wiley&Sons,Inc., Hoboken, 2009.
Morissan, MA, Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2008.
Nurudin, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2018.
Poppy Ruliana, Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2018.
Rhenald Kasali, Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta, Pustaka Utama Grafiti, 2006.
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/article/view/649 diakses pada tanggal 03/12/2019, pukul 11:58 WIB.
https://www.warnasari.desa.id/first/kategori/4 diakses pada tanggal 03/12/2019