EDUKASI PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA SEBAGAI UPAYA PROMOSI KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23456Keywords:
Pendidikan, Sosial Media, Remaja, Promosi Kesehatan, Informasi.Abstract
Indonesia merupakan negara yang sangat aktif menggunakan media sosial. Pada Januari 2023, 77% penduduk Indonesia atau 212,9 juta jiwa merupakan pengguna aktif internet atau media sosial. Remaja merupakan salah satu kelompok yang masih perlu diawasi dalam penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial yang tidak bijaksana juga dapat memberikan dampak negatif. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa/remaja SMA bahwa media sosial selain sebagai media komunikasi juga dapat digunakan sebagai sarana promosi kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah, praktek dan tanya jawab. Kegiatan edukasi mengenai media sosial sebagai sarana promosi kesehatan diberikan dengan menjelaskan pengertian media sosial, mengenal berita hoax dan memberikan contoh memilah berita hoax dan promosi kesehatan di media sosial. Dalam pengabdian masyarakat ini juga dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan pendidikan yang telah dilaksanakan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditunjukkan dengan peningkatan pengetahuan siswa tentang apa itu berita hoax dan upaya menghindari berita hoax dari 83,8% menjadi 88,8%. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan adalah kegiatan promosi kesehatan yang telah dilakukan mampu meningkatkan tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai media sosial sebagai sarana promosi kesehatan.References
Bender, J. L., Jimenez-Marroquin, M. C., & Jadad, A. R. (2011). Seeking support on facebook: a content analysis of breast cancer groups. Journal of medical Internet research, 13(1), e1560.
Hernawati. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat.Sulawesi Selatan: https://sulselprov.go.id/welcome/post/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-masyarakat.
Kaplan, Andreas M; Michael Haenlein.2010. “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media”. Business Horizons 53: 59:68.
Kemenkominfo. SIARAN PERS NO. 28/HM/KOMINFO/03/2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/47689/siaran-pers-no-28hmkominfo032023
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Atika Mima Amalin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










