SCREENING STATUS NUTRISI DAN EDUKASI GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KUMBE KEC. RASANAE TIMUR KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40308Keywords:
Status Nutrisi, Edukasi, Gizi SeimbangAbstract
Status gizi anak sangat berkaitan erat dengan masalah kesehatan anak. Status gizi merupakan keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, serta pengukuran proses tubuh. Perilaku pemenuhan gizi seimbang pada anak usia sekolah dasar. Anak sekolah dasar merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami gizi kurang. Permasalahan gizi pada anak merupakan salah satu dampak dari ketidakseimbangan status gizi kesehatan di beberapa negara berkembang di Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui studi literatur review menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gizi buruk pada anak yaitu status ekonomi, status pendidikan dan pola asuh. Anak sekolah dengan pola makan seimbang cenderung memiliki status gizi yang baik. Status gizi merupakan faktor penting dalam menjamin perkembangan dan pertumbuhan seorang anak yang optimal. Penilaian status gizi berkala merupakan upaya dalam deteksi dini malnutrisi sehingga dapat dilakukan tindakan yang semestinya. Upaya deteksi dini status gizi anak sekolah melalui tim dosen pengabdian kepada masyarakat prodi DIII Kebidanan Akademi Kebidanan Surya Mandiri Bima melakukan screening status gizi pada anak sekolah sekolah dasar di SD Negeri 48 Kota Bima. Adapun kegiatan screening dengan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan, di dapatkan dari 40 orang anak yang hadir pada saat pengukuran kemudian hasil pengukuran dihitung berdasarkan IMT dalam umur. Kegiatan ini sangat penting untuk mendeteksi secara dini tenang stautus gizi pada anak usia sekolah..References
Badan Kesehatan Dunia (WHO). (2018). Child Growth Standards.
Badan Kesehatan Dunia (WHO). (2020). Status Nutrisi Dunia.
Badan Kesehatan Masyarakat (BKM). (2020). Screening Status Nutrisi dan Edukasi Gizi Seimbang.
Jurnal Gizi dan Kesehatan. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Perilaku Makan Anak.
Jurnal Gizi dan Kesehatan. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Perilaku Makan Anak Sekolah Dasar.
Kementerian Kesehatan RI (2019). Pedoman Penilaian Status Gizi.
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Pedoman Penilaian Status Gizi
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Gizi Seimbang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2022). Edukasi Gizi Seimbang untuk Anak Sekolah Dasar.
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (2022). Nutrition Education.
Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 39 Tahun 2016 tentang Standar Gizi Makanan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020 tentang Kurikulum Pendidikan Dasar.
Sari, P., et al. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Gizi dengan Perilaku Makan Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(2).
Suharjo, B. (2020). Gizi dan Kesehatan Anak. Penerbit Universitas Indonesia.
Waterlow, J. C. (1972). Classification of infant malnutrition. Lancet, 299(7759), 302-303.
WHO (2018). Child growth standards.
Widowati, S., et al. (2019). Efektivitas Edukasi Gizi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Perilaku Makan Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahratul Hayati, Nini Niatullah Aliyati, Susanti Susanti, Ratu Julianti, Putri Wahyuningsih, Sri Muliati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.