PENYULUHAN LITERASI DIGITAL DESA RIDAN PERMAI

Authors

  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2962

Keywords:

Digital, Literasi, Penyuluhan.

Abstract

Tujuan diadakannya penyuluhan literasi digital desa Ridan Permai ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menggunakan perangkat digital masyarakat desa Ridan Permai dalam memasarkan produk dagangannya. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan pemberian penyuluhan mengenai bagaimana menggunakan perangkat digital untuk memasarkan dan meningkatkan volume penjualan produk dagangan warga masyarakat yang selama ini hanya dilakukan secara konvensional atau offline. Penyuluhan ini berisi mengenai penjelasan-penjelasan secara umum tentang penggunaan perangkat digital secara bijak dan membuat media sosial yang peruntukannya untuk berjualan online. Hasil yang didapatkan dari kegiatan penyuluhan ini adalah bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai literasi digital serta bertambahnya keterampilan mengelola media sosial untuk berjualan online. Selama ini masyarakat hanya menjual produk dagangannya secara offline atau konvensional. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini juga didapatkan semakin banyaknya masyarakat desa Ridan Permai yang semakin peduli akan pentingnya menggunakan media sosial secara bijak dan dapat memberikan manfaat lebih bagi perekonomiannya.

Author Biographies

Ramdhan Witarsa, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Nurmalina Nurmalina, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mufarizuddin Mufarizuddin, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Husna, A., N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Angraini, D., E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 156–166.

Majdi, M., Z., Susilawati, Muhammad, F., & Nurhastuti. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(2), 236–242. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2827

Muntoha, Jamroni, & Putra, M., A., W. (2015). Penyuluhan Literasi Media Internet dan Telepon Genggam di Dusun Bandung dan Dusun Songbanyu1, Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(2), 149–154.

Rahmayanti, I., & Nusivera, E. (2021). Pelatihan Literasi Digital sebagai Penunjang Pembelajaran Daring pada Karang Taruna Desa Mekarsari Cileungsi Bogor, Jawa Barat. Jurnal LP3MKIL, 2(1), 34–40.

Rizkiyah, N., Parwis, F., Y., & Fransori, A. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Literasi Digital untuk Pembelajaran Online kepada Orangtua dan Murid di Villa Balaraja Desa Saga Balaraja Tangerang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 127–131.

Sularno, Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Ketahanan Pangan saat Pandemi Covid 19. Communnity Development Journal, 1(2), 151–156.

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1114–1124.

Witarsa, R., & Mufarizuddin. (2020). Penyuluhan Palawija Desa Ridan Permai untuk Eksistensi Keanekaragaman Hayati Sumber Pangan. Community Development Journal, 1(1), 36–40.

Witarsa, R., Mufarizuddin, & Sularno. (2021). Penyuluhan dan Musyawarah Desa Khusus Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Community Development Journal, 2(2), 410–417.

Downloads

Published

2021-11-24