OPTIMIZING ELEMENTARY TEACHERS' ABILITY IN DESIGNING REALISTIC AND ICT-BASED MATHEMATICS LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27632Keywords:
Kemampuan Guru, Realistik, ICT, Program Kemitraan MasyarakatAbstract
Proses pembelajaran menjadi salah satu tantangan yang dihadapi mitra sekolah dasar di Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Pengajaran matematika pada dasarnya masih berpusat pada guru, berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 1 Purwerejo dan SD Negeri 1 Purwerejo Timur. Selain itu, proses pembelajaran memberikan lebih banyak pengetahuan dari pengajar kepada peserta didik. Kebanyakan komunikasi masih bersifat sepihak. Selain itu, matematika biasanya diajarkan kepada siswa secara abstrak tanpa ada kaitannya dengan situasi nyata. Selain itu, ia mengklaim permasalahan ini muncul di sebagian besar SD di Kecamatan Modayag berdasarkan percakapan dengan salah satu kepala sekolah. Mengingat rincian ini dan hasil diskusi mitra, diperlukan inovasi pembelajaran. Untuk membangkitkan minat siswa terhadap matematika, produk baru harus menjembatani mata pelajaran tersebut dan pengalaman mereka sehari-hari. Salah satu konsep yang dapat digunakan adalah Pendidikan Matematika Realistis Indonesia (PMRI). Untuk menerapkan pembelajaran matematika nyata di kelas, kegiatan sains dan teknologi untuk masyarakat diciptakan melalui lokakarya, bahan ajar, dan dukungan guru. PKM dimulai dengan pembelajaran PMRI, kemudian ujian terhadap peserta didik, kurikulum, sumber daya, media, dan skenario dunia nyata terkait. Pelatihan dilaksanakan di SD Negeri 1 Purwerejo Timur dan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis PMRI. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah: Guru di sekolah mitra memahami prinsip dan ciri pembelajaran PMRI; (1) Aksesibilitas sumber daya pembelajaran, antara lain RPP, LAS, dan soal-soal ujian yang berasal dari pembelajaran PMRI, (2) Media dan perangkat lunak yang tersedia untuk menggambarkan ide-ide matematika yang umum.References
Agustina, T., Sukmana, N., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model diskursus multi representasi (dmr) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun datar di kelas IV SD. Educare, 151-158.
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis kesalahan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri kelas X TKJ SMKN 1 Gempol tahun pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 34-39.
Arista, Y., Lusiana, L., & Marhamah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pmri Pada Materi Segiempat Untuk Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Astutik, H. S. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56-66.
Dwirahayu, G., Sandri, M., & Kusniawati, D. (2020). Inquiry based RME terhadap kemampuan representasi matematik siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 45-58.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.
Hasanah, H. (2021). Desain Didaktis dengan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Konsep Luas Permukaan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 57-66.
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2019, October). Analisis kesulitan dalam penyelesaian permasalahan ruang dimensi dua. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II): Pembelajaran Matematika dalam Era Revolusi Industri 4.0 (p. 82). Universitas Halu Oleo Press.
Istikhomah, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Kelas Ii Mi Sunan Ampel Porong Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kamarullah, K. (2019). Analisis kesalahan guru matematika Madrasah Ibtidaiyah Aceh Besar terhadap geometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 40-55.
Khoiri, M. (2014, November). Pemahaman siswa pada konsep segiempat berdasarkan teori van Hiele. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember (Vol. 19).
Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45-53.
Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). OPTIMIZATION OF VISUAL-SPATIAL ABILITIES FOR PRIMARY SCHOOL TEACHERS THROUGH INDONESIAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION WORKSHOP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.
Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.
Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). PENDEKATAN ANALISIS TERHADAP KESULITAN SISWA DALAM MENGHADAPI SOAL MATEMATIKA DENGAN PEMAHAMAN KONEKSI MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358-4366.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.
Putri, D. P. (2020). Analisis Proses Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar Materi Geometri Berdasarkan Dalil Kekontrasan dan Variasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Rahimah, N. (2017). Keterampilan dasar geometri siswa kelas v dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.
Royani, M., & Saufi, M. (2016). Problem Based Learning: solusi pembelajaran matematika yang pasif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-131.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), 175-185.
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis miskonsepsi siswa ditinjau dari teori kontruktivisme pada materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185-200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ichdar Domu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.