PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP) SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25184Keywords:
Pendampingan, Program Sekolah Penggerak, PAUD, KOSPAbstract
Program Sekolah Penggerak (PSP), yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), secara serentak diterapkan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2021/2022. Setiap sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), baik negeri maupun swasta di bawah naungan Kemendikbudristek, secara bersama-sama menyusun Kurikulum Operasional Sekolah (KOSP). Mitra dalam kegiatan pengabdian ini sekolah penggerak jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) yaitu TK Swasta Islam Terpadu Al-Hikmah, TK Swasta Bhayangkari, TK Swasta Mutuah Miko, TK Swasta IT Tazkia, Tk IT Mahabbah Al-Qur An, dan TK N Pembina Kutacane. Mitra menghadapi masalah kurangnya pengetahuan tentang panduan penyusunan KOSP menggunakan pedoman pengembangan kurikulum merdeka. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan meningkatkan kualitas KOSP sesuai dengan unsur-unsur kurikulum merdeka. Pendekatan yang digunakan mencakup pendampingan daring maupun luring terhadap sekolah mitra. Hasilnya melahirkan dokumen KOSP sesuai pedoman kurikulum merdeka.References
Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 Di Sman 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2398
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.
Bali, E. N. (2023). Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak Di Sumba Timur Ntt. Kelimutu Journal Of Community Service, 3(1), 28–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35508/Kjcs.V3i1.11275
Budiman, Y. K., Muazza, M., Rahman, K. A., & Mailina, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Paud Sekolah Penggerak Tk Khalifah Kota Jambi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 11–19. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Jtpd.V2i1.26568
Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 8(3), 291–299. Https://Doi.Org/10.32699/Ppkm.V8i3.1870
Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.01.2.01
Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani*, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster Dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 540–554. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V9i4.20984
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.212019.105
Hartuti, M., & Handayani, D. E. (2019). Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 Kelas Rendah Mi Sabilul Ulum Mayong Jepara. El-Ibtidaiy: Journal Of Primary Education, 2(1), 1–8. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24014/Ejpe.V2i1.7370
Hasibuan, R. H., Dwiningsih, A., & Annisa, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Se-Kota Medan. Altafani, 2(2), 90–99. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59342/Jpkm.V2i2.186
Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.
Hazin, M., Hariyati, N., Khamidi, A., & Chandra, A. (2023). Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Kosp Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia. 1(2), 52–62.
I Wayan Sumandya, I Komang Sukendra, Made Irma Suryani, & Dwi Prinicila Pramesuari. (2022). Pkm. Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah Di Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 129–137. Https://Doi.Org/10.59672/Widyamahadi.V2i2.1964
Lestari, W. I. S., Hermita, N., & Kurniaman, O. (2019). Application Of Paikem Gembrot Learning Model To Improve Fifth Graders’ Science Learning Motivation. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 2(2), 164–173.
Lo, C. K., Lie, C. W., & Hew, K. F. (2018). Applying “First Principles Of Instruction” As A Design Theory Of The Flipped Classroom: Findings From A Collective Study Of Four Secondary School Subjects. Computers & Education, 118, 150–165. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2017.12.003
Muhammad Rizal, N., Iqbal, M., & Zahriyanti, E. (2022). Kompetensi Guru Paud Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939.
Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study Of Students’ And Teachers’ Perceptions In A Finnish High School During The Covid Pandemic. International Journal Of Technology In Education And Science, 4(4), 352–369. Http://Www.Ijtes.Net
Nugraheni, D., Siswanti, H., Ivet, U., Merdeka, K., & Penggerak, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sd Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 6, 53–61.
Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial Problems In Arranged The Lesson Plan Of Vocational Teacher. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 10(1), 345–354.
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi Pgra, 8(2), 143–158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29062/Seling.V8i2.1223
Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2023). Pendampingan Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Gresik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Kurikulum Operasional Sekolah (Kos). Amma: Jurnal Pengabdian …, 1(12), 1676–1681.
Safitri, S. G., & Aulina, C. N. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 76–87.
Sahin, D., & Yilmaz, R. M. (2020). The Effect Of Augmented Reality Technology On Middle School Students’ Achievements And Attitudes Towards Science Education. Computers & Education, 144, 103710. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103710
Sinaga, R. R. F., & Pustika, R. (2021). Exploring Students’ Attitude Towards English Online Learning Using Moodle During Covid-19 Pandemic At Smk Yadika Bandarlampung. Journal Of English Language Teaching And Learning, 2(1), 8–15. Https://Doi.Org/10.33365/Jeltl.V2i1.850
Wahyuningtyas, R., Isynuwardhana, D., Rismayani, R., & Gunawan, I. (2022). The Awareness And Implementation Of Mbkm Program As Flexible Learning In Faculty. Humaniora, 13(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21512/Humaniora.V13i3.8382
Wardhani, W. D. L., Mubaroq, S., & Misyana. (2023a). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Bermain Proyek Di Paud. 7(2), 57–62.
Wardhani, W. D. L., Mubaroq, S., & Misyana, M. (2023b). Increasing Teacher Knowledge And Skills In Learning To Play Projects In Paud. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 7(2), 57–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Iqbal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.