PENDAMPINGAN PENINGKATAN KAPASITAS UMKM DALAM MENGHADAPI PENINGKATAN PERMINTAAN JELANG RAMADAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.43183Keywords:
UMKM, Pendampingan, Ramadan, Peningkatan Omzet, Daya SaingAbstract
Program pendampingan UMKM di Kota Kendari bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan bisnis dalam menghadapi lonjakan permintaan selama bulan Ramadan. Kegiatan ini mencakup pelatihan dan pendampingan intensif di bidang manajemen keuangan, pemasaran digital, dan pengelolaan stok. Melalui pelatihan yang diberikan, pelaku UMKM diajarkan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan cash flow, merencanakan anggaran dengan tepat, dan mengelola stok bahan baku untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat. Selain itu, fokus juga diberikan pada penggunaan teknologi, khususnya pemasaran digital, untuk memperluas jangkauan pasar melalui platform e-commerce dan media sosial. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif. Selain itu, diharapkan ada peningkatan omzet selama bulan Ramadan, penguatan branding, serta daya saing UMKM yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Evaluasi hasil program menunjukkan bahwa pelaku UMKM berhasil meningkatkan kapasitas operasional, memperkuat pemasaran digital, dan meraih omzet yang lebih baik. Secara keseluruhan, program ini memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan dan perkembangan UMKM di Kota Kendari, serta memperkuat daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.References
Aini, L. N., Santoso, F., & Khirdany, E. N. (2023). Pengembangan UMKM Kuliner di Era Digital: Peran Inovasi dan Jaringan Bisnis di Kota Sampang. Currency: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1), 179-189.
Harningsih, H., & Anggriani, D. P. (2023). Komunikasi Pemasaran Smesco Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Deskritif Kualitatif) Peluang dan Tantangan Pelaku UMKM Binaan Smesco. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 23(2), 62-68.
Hasanah, R. (2024). Tranformasi UMKM Desa Melalui Teknologi Digital dan Praktik Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI), 4(2), 135-147.
Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). Peran e-bisnis dalam pengembangan UMKM. Jurnal Economina, 1(2), 239-247.
Maimuna, F. F., Roroa, N. A. F., Misrah, M., Oktavianty, O., & Agit, A. (2024, October). Transformasi Digital dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital. In Prosiding Seminar NasIonal Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Dan Riset Ilmu Sosial (Vol. 1, No. 1, pp. 187-198).
Setyowati, E., Yuliawan, D., Astuti, E. N., & Mahasti, H. S. G. D. (2024). Optimalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pelatihan dasar manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Sewagati, 8(1), 1173-1181.
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118.
Yadi, R., Nugraha, R. A., Alam, S., & Hidayat, A. (2025). Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Tarjo Pindang di Desa Cicinde Utara Kabupaten Karawang. YUME: Journal of Management, 8(1), 1171-1182.
Yerizal, Y. (2024). Meningkatkan Kapasitas Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Pelatihan E-Commerce. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(10), 1638-1647.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Hamid, Wiwin Sultraeni, Ria Rezki Amalia, Rachmawati Rachmawati, Sri Rachmawati, Anas Sutrino

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.