PELATIHAN DAN PENGENALAN PLATFORM QUIZIZZ BAGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : SMP MUHAMMADIYAH 4 KERTANEGARA)

Authors

  • Rahayu Linda Kusuma Universitas Amikom Purwokerto
  • Dani Arifudin Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24088

Keywords:

Covid – 19; Pembelajaran Jarak Jauh; Quizizz.

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan pada suatu jenjang sekolah memiliki keberagaman konsep yang dapat mempermudah peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Seperti diketahui di tahun 2019 silam kondisi Pandemi Covid – 19 telah muncul sehingga sangat berpengaruh pada kebiasaan perilaku kegiatan manusia khususnya di bidang pendidikan. Hal ini membuat guru harus memutar otak agar pembelajaran tetap terjadi namun tidak membuat siswa cepat bosan karena kebijakan sekolah yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau disebut juga online. Kebiasaan baru juga berdampak pada guru yakni mereka harus beradaptasi dengan teknologi dalam melaksanakan KBM tersebut seperti penggunaan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran. Salah satu adaptasi teknologi yang mungkin sudah banyak digunakan pada saat ini yaitu penggunaan Platform Quizizz. Platform Quizizz merupakan sebuah platform online yang menyajikan berbagai soal yang kreatif dan melibatkan siswa seacara penuh didalam pembelajaran sehingga hal ini dijadikan sebagai platform online yang dapat menghasilkan motivasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Quizizz juga mempengaruhi cara guru mengatasi kecemasan siswa saat ujian. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi untuk menciptakan sesuatu yang relevan dengan minat siswa. Kegiatan pengenalan dan pelatihan Platform Quizizz ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Kertanegara yang mana di ikuti oleh 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Tantangan yang dihadapi yaitu keterbatasan keterampilan yang dimiliki guru dalam mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizizz. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mampu memberikan inovasi kepada guru – guru dalam melaksanakan pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan.

References

(Bloom & Reenen, 2013; Bobihoe et al., 2023; Buchori et al., 2022; Candrasari & Munandar, 2024; Devitama et al., 2022; Hafiyya & Hadi, 2023; Jati, 2020; Journal et al., 2023; Jumasa et al., 2023; Khairiyah et al., 2021; Khulud & Maret, 2023; Laksana et al., 2021; Pascasarjana, 2023; Salsabila et al., 2020; Setyorini et al., 2023; Silitonga & Irvan, 2021; Supartini & Susanti, 2021)Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). ??No Title No Title No Title. NBER Working Papers, 13(2), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Bobihoe, M. A. D. P., Pobela, E. N., Rahmat, A., & Sarimanah, E. (2023). Penerapan Quizizz memakai Android untuk Meningkatkan Pembelajaran HOTS Model CIPP. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(2), 511–516.

Buchori, A., Ristanto, S., Setiawan, A., & Rahmawati, N. D. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Terbarukan Bagi Guru-Guru SMAN 1 Singorojo Kendal. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(2), 108–117. https://doi.org/10.24176/mjlm.v4i2.8471

Candrasari, P., & Munandar, K. (2024). Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik. 1–9.

Devitama, K. A., Siregar, E., & Nursetyo, K. I. (2022). Pengembangan Dan Implementasi Panduan Mendesain Pembelajaran Daring Dengan Platform Sederhana Untuk Guru-Guru. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1A), 130–136. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1a.3023

Hafiyya, N., & Hadi, M. S. (2023). Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Education Game Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Communnity Development Journal, 4(2), 1646–1652.

Jati, D. H. P. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS QUIZIZZ. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(5), 231–240. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i5.737

Journal, C. D., Tampi, S. M., Muhaemin, I. A., Syaiful, A., Penggunaan, P., Quizizz, A., Sinkronisasi, D., Classroom, G., Media, S., Classroom, G., & Pembelajaran, E. (2023). SINKRONISASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PADA GURU PENJAS. 4(4), 7909–7913.

Jumasa, H. M., Santoso, S. D., & Sapti, M. (2023). ALAMTANA Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram PELATIHAN MEMBUAT KUIS DENGAN QUIZIZZ UNTUK GURU SD MUHAMMADIYAH 1 PURWOREJO Article History. 04(01), 127–132. https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i1.1329

Khairiyah, U., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690

Khulud, H., & Maret, U. S. (2023). O f a h. 4, 804–816.

Laksana, R. B., Hera, T., Surmilasari, N., & Novianti, S. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN QUIZIZZ UNTUK GURU SEKOLAH PEMBELAJARAN TEMATIK Abstrak PENDAHULUAN Sekolah dasar merupakan lembaga Pendidikan formal sebagai wadah bagi siswa sekolah dasar dalam menumbuhkan , mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuan , sikap dan. 5(1), 2–8.

Pascasarjana, F. (2023). Pembelajaran Berbasis Visual dengan Quizizz dan Desain Grafis Canva. 1, 446–452.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setyorini, N., Sholeh, K., Santoso, S. D., & Faizah, U. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Quiziz dan Komic Digital dengan Aplikasi Comic Life 3/5/15 Full Version Bagi Guru Paud, Taman Kanak-Kanak, dan Sekolah Dasar. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i1.955

Silitonga, H., & Irvan, I. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Dengan Aplikasi Quizizz Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 2(2), 144. https://doi.org/10.30596/jppp.v2i2.7082

Supartini, N. L., & Susanti, L. E. (2021). Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Online English For Food and Beverage Service. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 485. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39524

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Kusuma, R. L., & Arifudin, D. . (2024). PELATIHAN DAN PENGENALAN PLATFORM QUIZIZZ BAGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : SMP MUHAMMADIYAH 4 KERTANEGARA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3610–3616. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24088

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.