WORKSHOP PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS LOOSE PARTS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.708Keywords:
perencanaan pembelajaran, pendidikan anak usia dini, losse parts.Abstract
Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk membantu anak dalam menggapai tahapan perkembangannya, sehingga diperlukan perencanaan pembelajaran. Guru Pendidikan Anak Usia Dini dituntut untuk mampu merancang dan mengembangkan serta melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan perserta didik. Workshop ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Taman Kanak-kanak di Kabupaten Kediri dan sekitarnya dalam membuat rencana pembelajaran berbasis loose parts. Workshop ini diikuti oleh 127 peserta, adapun materi workshopnya adalah perencanaan perencanaan pembelajaran berbasis losse parts. Hasil dari workshop yaitu 80% peserta dapat membuat perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis loose parts.References
Nugraheni, Alfrida Dewi. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 “Reorientasi Profesionalisme Pendidik dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0â€. Hal. 512-518. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 29 Agustus 2019.
Farida, Siti. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Wacana didaktika Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan dan Sains. Vol. 5 No.2 Desember 2017. Halaman 189-200. Pamekasan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Madura.
Latif, M dan Zukhairina. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Fajar Interpratama.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta : Rineka Cipta.
Putri Mirabella, dkk. (2019). Loose Parts Play Menyongsong Kemampuan Main Pembangunan Anak Usia Dini di Era Society 5.0. Seminar Nasional PAUD. 06-12-2019. Hal. 182-185. Universitas PGRI Semarang. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/480/359
Wahyuningsih Siti, dkk. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4 Issue. 1 Hal. 295-301.