PELATIHAN GURU MGMP IPA DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBALUSAN IPA PADA SMP DI KOTA JAYAPURA

Authors

  • Rosaniya E. Rehiara Universitas Cenderawasih
  • Edoward Krisson Raunsay Universitas Cenderawasih
  • Alfred Alfonsoh Antoh Universitas Cenderawasih
  • Konstantina MB. Kameubu Universitas Cenderawasih
  • Paul Johan Kawatu Universitas Cenderawasih
  • Maik NR. Akobiarek Universitas Cenderawasih
  • Leonardo Elisa Aisoi Universitas Cenderawasih
  • Ruth Megawati Universitas Cenderawasih
  • Apriani Herni Rophi Universitas Cenderawasih
  • David Reinhard Jesajas Universitas Cenderawasih
  • Marsya I. Bwefar Universitas Cenderawasih
  • Suriyah Satar Universitas Cenderawasih
  • Hanida Listiani Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35315

Keywords:

Inovatif, Pembelajaran, Probalusan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan guru-guru MGMP IPA dalam implementasi model Probalusan dalam pembelajaran IPA di SMP. Pelatihan ini diharapkan guru-guru sebagai fasilitator yang kreatif dan inovatif memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru MGMP IPA di kota Jayapura yang berjumlah 41 orang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian, meliputi penyampaian materi model pembelajaran Probalusan IPA, simulasi sintaks model pembelajaran Probalusan IPA dan dilanjutkan dengan diskusi seputar model pembelajaran  Probalusan IPA untuk memberi kesempatan bagi guru untuk mengatasi kendala dalam menerapkan model   Probalusan IPA. Manfaat yang diperoleh guru dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memperoleh pengetahuan tentang model pembelajaran inovatif yaitu model Probalusan IPA dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran IPA di SMP. Hasil angket respon guru setelah mengikuti pelatihan untuk kategori sangat setuju diatas 85% dari 41 guru dan setuju 15% artinya guru sangat senang mengikuti kegiatan pelatihan implementasi model pembelajaran Probalusan IPA. Menurut Guru pelatihan ini membantu mereka memahami model pembelajaran inovatif diantaranya model Probalusan IPA. Guru lebih mengerti konsep dasar model pembelajaran Probalusan IPA, disertai contoh-contoh praktis yang berguna untuk diterapkan di kelas. Pelatihan ini mendorong guru-guru sebagai fasilitator lebih kreatif dan inovatif, serta memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif. Implementasi model Probalusan IPA menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, inovatif dan menyenangkan sehingga tujuan  pembelajaran tercapai dengan mudah.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Rehiara, R. E. ., Raunsay, E. K. ., Antoh, A. A. ., Kameubu, K. M. ., Kawatu, P. J. ., Akobiarek, M. N. ., Aisoi, L. E. ., Megawati, R. ., Rophi, A. H. ., Jesajas, D. R. ., Bwefar, M. I. ., Satar, S. ., & Listiani, H. . (2024). PELATIHAN GURU MGMP IPA DALAM IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBALUSAN IPA PADA SMP DI KOTA JAYAPURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9162–9171. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35315