MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN UNTUK PARA TENAGA PENDIDIK

Authors

  • Syarifah Ida Farida Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Teguh Yuwono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Yusep Prihanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • R.Chepi Safei Jumhana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang
  • Lucia Maduningtias Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1415

Keywords:

Pelatihan, Pembelajaran, Daring

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pelatihan dan sharing ilmu mengenai Motivasi Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran untuk Para Tenaga Pendidik di SMPN 12 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan ada beberapa tahap diantaranya tahap persiapan, yang meliputi survey awal, pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran. Setelah survey maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan. Tahap berikutnya yaitu tahap pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tahap ini akan diberikan materi pelatihan mengenai bagaimana cara memberikan motivasi kepada para murid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Tangerang Selatan dalam Pembelajaran Daring untuk meningkatkan Proses Pembelajaran. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat adalah tenaga pendidik di SMPN12 Tangerang Selatan menjadi lebih termotivasi dalam memberikan Proses Pembelajaran kepada murid-muridnya dengan fikiran yang positif dan kreativitas sehingga ruang guru bukan hanya di kelas tetapi di dalam hati dan dimana saja (out of the box). Dengan adanya Pandemi Covid-19 menuntut tenaga pendidik/guru harus lebih rajin, kreatif dan inovatif. Sehingga tetap bisa berjalan pembelajaran dengan nyaman dan kondusif sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan masing-masing mata pelajaran di sekolah.

Author Biographies

Syarifah Ida Farida, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Teguh Yuwono, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Yusep Prihanto, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

R.Chepi Safei Jumhana, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Lucia Maduningtias, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

References

Ahidin dkk, U. (2020). Covid 19 & Work From Home. Serang: Desanta Muliavisitama.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Farida, S. I. (2020, Juni 5). rakyatmerdekanews.com. Retrieved from rakyatmerdekanews.com: https://rakyatmerdekanews.com/2020/06/05/cara-bertahan-hidup-di-masa-pandemi-covid-19/

Mona, N. (2020). KOnsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meninimlisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia.

Novianti, N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA Edisi Khusus 1, 158-166.

Raimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+Plus UNESA.

Surjono, H., & Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. . Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2).

Wulandari, M., & Noveandini, R. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan efektivitas dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belejar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Downloads

Published

2021-02-24

How to Cite

Farida, S. I., Yuwono, T., Prihanto, Y., Jumhana, R. S., & Maduningtias, L. (2021). MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN UNTUK PARA TENAGA PENDIDIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1415