PELATIHAN PEMBUATAN E-LKPD BERBASIS PBL-STEM (PROBLEM BASED LEARNING-SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) BAGI GURU KIMIA DI KABUPATEN GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19266Keywords:
Pengabdian, PBL-STEM, E-LKPDAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk 1) Guru dapat mengurutkan langkah–langkah pembelajaran PBL-STEM; 2) Guru dapat merancang E-LKPD berbasis pembelajaran PBL-STEM menggunakan aplikasi berbasis digital, 3) Guru dapat menghasilkan E-LKPD berbasis pembelajaran PBL-STEM. Kegiatan ini dilakukan sebanyak tujuh tahapan pengabdian yang dilakukan: (1) Koordinasi, (2) Desain, 3) Pembuatan Instrumen, (4) Pelaksanaan, (5) Evaluasi, (6) Manajemen, dan (7) Publikasi. Tempat pengabdian kali ini adalah SMAN 1 Gresik, sedangkan peserta dalam kegiatan ini sebanyak 10 guru. Instrumen yang digunakan adalah lembar respon peserta. Hasil lembar respon peserta menyatakan hasil sebesar 94,50 dengan kategori sangat baik.References
Aini, N. A., Syahruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning. Jpd : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.2.2.58-66
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167–174
Hurrahma, M., & Sylvia, I. (2022). Efektivitas E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik Di Kelas Xi Ips Sma N 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 14–22. Https://Doi.Org/10.24036/Sikola.V4i1.193 Mispa Et Al., 2022)
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya Smp. Jupeis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. Https://Doi.Org/10.55784/Jupeis.Vol1.Iss3.69
N.F., I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Lkpd Interaktif Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatankan Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3762 Nurrohim Et Al., 2022)
Prihandini, R. M., & Setiawani, S. (2022). Pendampingan Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Internet Of Thing (Iot) Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Digital Guru. Jpkmi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(4), 297–310. Https://Doi.Org/10.36596/Jpkmi.V3i4.556
Ratu, T., Sari, N., Sirajuddin, S., & Erfan, M. (2022). Pelatihan Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbantuan Liveworksheets Dalam Upaya Meningkatkan Hots Calon Guru Fisika. Jurnal Warta Desa (Jwd), 4(2), 72–78. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V4i2.190.
Sele, A. (2022). Survei Kepuasan Siswa Mengerjakan Tugas Dengan Aplikasi Live Worksheet Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 53–60. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V7i1.311
Sumanik, N. B. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Paedagogia, 25(2), 147–161. Https://Doi.Org/10.20961/Paedagogia.V25i2.64080
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusly Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.