WORKSHOP LITERASI BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA MAHASISWA DI STIT DARUL ULUM KUBURAYA

Authors

  • Anwar Anwar IAIN Pontianak
  • Shalihin Shalihin IAIN Pontianak
  • Muzakki Muzakki IAIN Pontianak
  • Nurhayati Nurhayati IAIN Pontianak
  • Muhamad Tisna Nugraha IAIN Pontianak
  • Sahri Sahri IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18697

Keywords:

Literasi, dan Moderasi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Karya Ilmiah (PKM-KI) yang diselenggarakan oleh Pascasarjana IAIN Pontianak dalam bentuk Workshop Literasi Berbasis Moderasi Beragama. Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi pentingnya menumbuhkan kepekaan dan kesadaran masyarakat terutama pada mahasiswa di lingkungan STIT Darul Ulum Kubu Raya terhadap munculnya dinamika faktual di tengah masyarakat multikultural terkait moderasi beragama. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh peneliti berasal dari instrumen penelitian berupa: wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan tersebut kemudian direduksi, untuk selanjutnya dilakukan proses penyajian (display data) serta dilakukan verifikasi berupa simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Karya Ilmiah (PKM-KI) dalam bentuk Workshop Literasi Berbasis Moderasi Beragama dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para peserta pelatihan mengenai isu-isu terkait moderasi beragama serta turut berkontribusi dalam menambah pengetahuan mereka terhadap program literasi serta penulisan karya tulis ilmiah.  

References

Anshori, A., Sos, S., Kom, M. I., Mahardika, A., Sos, S., MAP, A. S. S. S., Hidayat, F. P., Kom, M. I., Agus, E., & Izharsyah, J. R. (2021). Isu-Isu Global & Kontemporer Analisis dan Fakta Lapangan (Vol. 1). umsu press.

Aziz, R. (2023). Menjadi Mahasiswa Kreatif. Deepublish.

Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara.

Fitriani, F. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Persektif Al-Quran Melalui Penguatan Literasi Media. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2).

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–93.

Rika Suprapty, S. E., Mawar, S. P., Nurapiah, S. E., MM, A., Rosdiana, S. P., & Emma Sosiawati, S. E. (2023). Bunga Rampai Pemberdayaan Perempuan di Pesisir Pantai. Deepublish.

Rumanti, M. A. (2002). Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo.

Wibisono, I. (2022). Kampanye Moderasi Beragama di Instagram: Studi Narasi Lukman Hakim Saifuddin dan Yaqut Cholil Qoumas. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 120–131.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Anwar, A., Shalihin, S., Muzakki, M., Nurhayati, N., Nugraha, M. T. ., & Sahri, S. (2023). WORKSHOP LITERASI BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA MAHASISWA DI STIT DARUL ULUM KUBURAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7222–7228. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18697

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.