MENUMBUHKAN KREATIFITAS IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DENGAN MEMPRODUKSI BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG

Authors

  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Semarang
  • Rahoyo Rahoyo Universitas Semarang
  • Dini Anggraheni Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17706

Keywords:

Kretivitas, Nilai tambah.

Abstract

Kelurahan Meteseh adalah salah satu kelurahan di Kematan Tembalang. Kelurahan ini memiliki 195  Rukun Tetangga & 31 Rukun Warga, dimana  Ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di kelurahan tersebut menginginkan tambahan pendapatan. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan tambahan pendapatan adalah dengan menumbuhkan kreativitas dalam memproduksi barang-barang kebutuhan sehari-hari.  Kreativitas sangatlah dibutuhkan karena semakin ketatnya persaingan antar bisnis, sehingga hal ini membuat berbagai pelaku usaha untuk berpikir secara kreatif demi memastikan bisnis mereka semakin terlihat oleh konsumen. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah meningkatkan kreatifitas ibu-iu rumah tangga untuk meningkatkan pendapatan dengan pembuatan kreasi dari kain perca sehingga bisa meningkatkan nilai tambah dan pembuatan puding kekinian. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah dengan melalui penyuluhan dan pelatihan barang kreasi baru yang lebih menarik sehingga menjadikan barang yang lebih bisa berjual nilai tinggi. Target luaran yang diharapkan dalam pengabdan ini media cetak, jurnal pkm, HaKI ,serta vidio yang diunggah di yaoutube.

References

Alma, B. (2013). Kewirausahaan; cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Ayodya.W (2019). Produk kreatif dan kewirausahaan. Jakarta : Erlangga

Budiyanto , 2017 , Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Kolon Progo Yogyakarta. Garuda Nusantara Press.

Dedi, Supriadi. 2005. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung : CV DWI RAMA Departemen Pendidikan Nasional

Hudaya Latuconsina, 2014, Pendidikan Kreatif: Menuju Generasi Kreatif & Kemajuan Ekonomi Gramedia Pustaka Utama.

Ilhamsyah. (2020). Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Muazar Habibi, 2015. Kreativitas dan Pengembangannya , CV Budi Utama , Yogyakarta

Downloads

Published

2023-08-12

How to Cite

Nurhidayati, N., Rahoyo, R., & Anggraheni, D. . (2023). MENUMBUHKAN KREATIFITAS IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DENGAN MEMPRODUKSI BARANG KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6017–6021. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17706