SOSIALISASI SADAR WISATA BAGI SISWA SMP NEGERI 4 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Irwan Irwan Universitas Sawerigading Makassar
  • Dety Yunita Sulanjari Universitas Sawerigading Makassar
  • Ahmad Syaekhu Universitas Sawerigading Makassar
  • Agung Rinaldy Malik Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45575

Keywords:

Sadar wisata, Pariwisata berkelanjutan, Generasi muda

Abstract

Pariwisata merupakan sektor strategis yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan pembangunan berkelanjutan. Namun, rendahnya kesadaran wisata di kalangan generasi muda, khususnya siswa sekolah menengah pertama, menjadi tantangan dalam pengembangan pariwisata daerah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di SMP Negeri 4 Takalar, Kabupaten Takalar, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap pentingnya peran mereka dalam mendukung pariwisata lokal. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui sosialisasi interaktif, diskusi kelompok, dan pemutaran video edukatif. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai konsep sadar wisata, nilai-nilai budaya lokal, serta sikap positif terhadap pelestarian lingkungan dan keramahan terhadap wisatawan. Para siswa juga menunjukkan antusiasme untuk menjadi agen promosi wisata di lingkungannya. Kegiatan ini memberikan kontribusi dalam menumbuhkan kesadaran kolektif generasi muda terhadap pentingnya pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan berbasis nilai-nilai lokal. Kesimpulannya, sosialisasi sadar wisata efektif dalam membentuk pemahaman awal siswa terhadap tanggung jawab sosial dalam mendukung pariwisata daerah.

References

Ayuningsih, A., & Taghulihi, B. (2024). Sosialisasi Sadar Wisata bagi Siswa SMA Negeri 8 Kepulauan Sula. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1067–1074.

Bugis, M., et al. (2024). Pendampingan Sadar Wisata dan Pengembangan Website Desa Wisata di Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Community Development Journal, 5(3), 4706–4713.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022). Strategi Nasional Pengembangan Pariwisata Halal. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Nuryakin, A. S., Sihombing, R. S., & Wibowo, R. (2022). The Role of Open Innovation Strategy on SMEs Eco-Innovation and Competitive Advantage. International Journal of Economics and Management Studies, 9(8), 1–7.

https://doi.org/https://doi.org/10.14445/23939125/IJEMS-V9I8P101

Palloan, P., Arsyad, M., & Helmi, H. (2021). Menumbuhkan Sadar Wisata bagi Siswa SMP di Sekitar Kawasan Gua Leang Lonrong Pangkep. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. UNM OJS, 5.

Salsabila, I., & Puspitasari, A. Y. (2023). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Pengembangan Desa Wisata. Kreatif: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 1–10.

Wicaksono, D., & Adriana, N. P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengembangkan Media Poster Pariwisata. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 329–338.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Irwan, I., Sulanjari, D. Y., Syaekhu, A., & Malik, A. R. (2025). SOSIALISASI SADAR WISATA BAGI SISWA SMP NEGERI 4 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4204–4209. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45575

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.