PKM KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI WORKSHOP MEMBUAT PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI IGTKI KECAMATAN DUREN SAWIT DKI JAKARTA

Authors

  • Nita Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Chandra Apriansyah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rima Dewi Kartini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Noor Padilah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Tri Rahayu Budiarti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rini Kurniawati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sari Rina Naruvita Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yulia Indrawati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Endah Wahyuningsih Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Siti Agustiani Rubiah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Siti Rohmah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Wirastri Setyorini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lubna Al Jufry Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Titin Rahayu Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17577

Keywords:

Kreativitas, Nilai tambah

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mempersiapkan guru dan kepala sekolah TK di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka khususnya membuat  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di satuan pendidikan.  Kegiatan pengabdian ini diberikan kepada Guru dan Kepala Sekoalah TK , binaan IGTKI Duren Sawit yang berjumlah 32 orang. Lokasi Pengabdian di laksanakan di Aula SD Islam Nurul Iman Jakarta Timur. PKM dibuat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dalam membuat  projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di satuan pendidikan. Hasil Pengabdian berupa pelaksanaan kegiatan Pendampingan Kegiatan Masyarakat melalui workshop  Implementasi Kurikulum Merdeka dalam membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pendampingan  dengan sasaran guru dan Kepala Sekolah TK di Kecamatan Duren sawit memberikan manfaat yang signifikan ditunjukan dengan  kegiatan pendampingan kepada Guru TK dan Kepala Sekolah. Mereka dapat membuat modul projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan melakukan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di masing-masing satuan pendidikan

References

Ampa, A. T., & Romba, S. S. (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD. Madaniya, 4(1), 121–127.

Mawardi, R. A. (2022). Apa Itu Profil Pelajar Pancasila? Ini 6 Dimensi yang Siswa Wajib Tahu. In detikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6203686/apa-itu-profil-pelajar-pancasila-ini-6-dimensinya-yang-siswa-wajib-tahu

Mengenal dan Merancang RPP Kurikulum Merdeka Belajar Halaman 1 - Kompasiana. (n.d.).

Mopangga, A. (2021). Konsep Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Di Tk Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. Seminar Nasional PAUD Holistik Integratif, September, 65–78.

Pentingnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan - Direktorat SMP. (n.d.). https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pentingnya-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-di-satuan-pendidikan/

Program Prioritas - Implementasi Kurikulum Merdeka. (n.d.).

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Priyanti, N. ., Apriansyah, C. ., Kartini, R. D. ., Padilah, N. ., Budiarti, T. R., Kurniawati, R. ., Naruvita, S. R. ., Indrawati, Y. ., Wahyuningsih, S. E. ., Rubiah, S. A. ., Rohmah, S. ., Setyorini, W. ., Jufry, L. A. ., & Rahayu, T. . (2023). PKM KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI WORKSHOP MEMBUAT PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI IGTKI KECAMATAN DUREN SAWIT DKI JAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5815–5823. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17577