PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP YAYASAN NUSANTARA LUBUK PAKAM

Authors

  • Golda Novatrasio Sauduran Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Roulina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Susi Pardosi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Steffany Sianipar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hotlerisma Siregar Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nehemia Sibarani Universitas HKBP Nommensen Medan

Keywords:

Penerapan Pembelajaran Kooperatif, Kreatifitas, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu penyajian materi ajar yang meliputi aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar adalah penerapan Cooperative Learning. Penerapan Cooperative Learning didesain seperti belajar kelompok bertujuan untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang telah disampaikan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai saat kegiatan pembelajaan tatap muka. Mitra yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru di SMP Yayasan Nusantara Lubuk Pakam,  dimana kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan soal dengan menggunakan penerapan Cooperative Learning. Hasil pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari terlihat guru-guru di SMP Yayasan Nusantara Lubuk Pakam antusias dengan materi yang disajikan dan sudah memahami serta mampu membuat soal  latihan dengan menggunakan penerapan pembelajaran kooperatif.

References

Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi Pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Makassar). Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/21022

Badin, I., Sahjat, S., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-C Smp Negeri 7 Kota Ternate Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Saintifik@, 4(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.33387/Sjk.V4i2.1376

Dewi, R., Ege, B., & Syafruddin, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative, Integrated, Reading, And Composition Berbasis Media Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2), 31–40. Https://Doi.Org/10.31932/Jpbio.V3i2.307

Effendi, M. R., Nurparatiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Softskill Guru Dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 41–51. Https://Doi.Org/10.52593/Svs.01.2.01

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 85–91. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2353

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 47–58. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2349

Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Lageografia, 18(1), 36. Https://Doi.Org/10.35580/Lga.V18i1.10974

Israwaty, I., Jannah, N., & Sari, N. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Sd Negeri 85 Parepare. Peteka, 3(1), 9–16. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31604/Ptk.V3i1.9-16

Jehamin, G., Syam, M., & Setyasih, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X Di Sma Budi Luhur Samarinda. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 42–50. Https://Doi.Org/10.30872/Geoedusains.V1i1.184

Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. Https://Doi.Org/10.37471/Jpm.V5i2.74

Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar Untuk Masyarakat Pedesaan. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 34–42. Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V7i1.12288

Laia, K., & Harefa, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Lauru: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 8–12. Https://Doi.Org/10.56207/Lauru.V1i1.10

Lestari, S., Fatonahr, K., Halim, A., Aurra, L. M., & Rahmawati, S. (2022). Initiatives And Challenges Of The Kampus Mengajar Program To Pursue Freedom To Learn. Pedagonal?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 203–210. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagonal.V6i2.5620

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Dan Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Sma Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Biolokus, 1(2), 117. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V1i2.352

Napitupulu, F. D., Sitorus, S., & Mita, L. (2022). Penerapan Model Pakem Pada Kursus Bimbingan Belajar Gratis Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Sd Negeri 106447 Durian Kec. Pantai Labu. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–16. Https://Doi.Org/Https://Publisher.Yccm.Or.Id/Index.Php/Cab/Article/View/68

Nuriyanto, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Pada Siswa Smp. Jurnal Suluh Edukasi, 1(1), 101–120.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. Https://Doi.Org/10.36312/E-Saintika.V2i1.111

Priatna, A., & Patmawati, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020), 187–203. Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V5i2.3535

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah Stkip Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. Https://Doi.Org/10.33222/Jumlahku.V6i1.885

Rachmawati, Y., & Ernawati, T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 5(1), 45. Https://Doi.Org/10.30738/Natural.V5i1.2564

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Viii Mtsn 4 Bima. Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 38–50. Https://Doi.Org/10.53299/Diksi.V3i1.139

Siang, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 99–107. Https://Doi.Org/10.24252/Khidmah.V1i1.23623

Sidabutar, G. S., & Dharsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V6i2.19463

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Smp Kelas Viii. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39. Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V2i1.30

Suci, A. I., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa. Journal Of Elementary School (Joes), 5(1), 97–105. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Joes.V5i1.3967

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.260

Syaputri, C. N., & Djulia, E. (2018). Pengaruh Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dengan Menggunakan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas Xi Ipa Sma Muhammadiyah 1 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1). Https://Doi.Org/10.24114/Jpp.V6i1.9174

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Sauduran, G. N. ., Simanjuntak, R. ., Pardosi, S. ., Sianipar, S. ., Siregar, H. ., & Sibarani, N. . (2023). PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP YAYASAN NUSANTARA LUBUK PAKAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1692–1697. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13632