PENINGKATAN LITERASI DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT DESA SEI PRIOK

Authors

  • Renita Br. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nona Sony manihuruk Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Feri H. Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Debora Uli Lubis Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nona Sony manihuruk Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Santa P. Simamora Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rini Febrina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Edward D. Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13242

Keywords:

Peningkatan Literasi, Pendidikan karakter, Masyarakat desa Sei Priok

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Literasi Digital dan Pendidikan karakter masyarakat Desa Sei Priok. Dan untuk membantu masyarakat dalam peningkatan literasi digital serta membantu masyarakat untuk menanamkan pendidikan karakter terkhusus peduli lingkungan di Desa Sei Priok. Sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah masyarakat di desa Sei Priok, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Adapun masyarakat dibagi menjadi 3 kategori yaitu: pelajar dari usia 6-12 tahun, ibu PKK dan lansia. Metode sosialisasi dengan memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya literasi digital di masyarakat. Adapun waktu pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yaitu pada tanggal 06 Febuari 2023 sampai dengan 24 Febuari 2023. Hasil Penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan anak-anak didik dalam belajar, hal ini dilihat dari data dilapangan. Dalam data sebelumnya terdapat 6 orang siswa yang tidak mampu membaca dan dalam data terbaru siswa yang tidak mampu membaca berkurang menjadi 3 orang siswa menunjukkan ada peningkatan 8,57%. Siswa yang tidak mampu berhitung 7 anak dan berkurang menjadi 4 anak menunjukkan ada peningkatan 8,57 %. Siswa yang kurang dalam memahami berjumlah 10 anak berkurang menjadi 4 anak menunjukkan ada peningkatan 17,14%.  Siswa yang tidak memiliki permasalahan 12 anak mengalami peningkatan menjadi 23 anak menunjukkan ada peningkatan 31,42%. Maka dari data tersebut bisa dikatakan bahwasanya ada peningkatan dalam kemampuan anak/siswa dalam pengetahuannya.    

References

Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 1-7.

Krismonica, d. (2023). Pengaruh literasi digital, literasi keuangan, dan norma subjektif terhadap keterampilan wirausaha (survei pada anggota komunitas umkm pondok melati di kecamatan pondok melati kota bekasi) (doctoral dissertation, universitas siliwangi).

Maulana, M. (2015).Definisi, Manfaat dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger, 1–12. https://www. muradmaulana.com/2015/12/definisi-manfaat-dan-elemen-penting-literasi-digital.html

Putra. (2020). PENGERTIAN LITERASI: Tujuan, Manfaat, Macam Macam Literasi & Contohnya. https://salamadian.com/pengertian-literasi/

Ruslan. (2017). Membangun Literasi Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat: Eksplorasi Pengalaman Community Engagement Program di Cot Lamme – Aceh Besar. Volume 19 No. 2

Sari, E., & Majo, H. K. (2023). Peran Konselor dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 6(2), 135-141.

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193-3202.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Saragih , R. B. ., manihuruk, N. S. ., Pangaribuan , F. H. ., Lubis, D. U. ., manihuruk, N. S. ., Simamora, S. P. ., Sinaga, R. F. ., & Saragih, E. D. . (2023). PENINGKATAN LITERASI DAN PENDIDIKAN KARAKTER MASYARAKAT DESA SEI PRIOK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1494–1500. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13242