SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Novita Ramadhani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13147

Keywords:

Kemampuan literasi matematis, adversity quotient, pembelajaran matematika

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang berperan penting bagi siswa dan diharapkan siswa memiliki kemampuan literasi matematis yang baik. Adversity Quotient (AQ) merupakan kecerdasan yang dibutuhkan siswa untuk menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal literasi matematis. Penelitian ini bertujuan mengkaji kemampuan literasi matematis ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic literature review, dengan 19 artikel yang di-review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel mengenai kemampuan literasi matematis, adversity quotient, dan kemampuan literasi matematis ditinjau dari adversity quotient pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adversity merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa. Semakin tinggi adversity quotient siswa maka semakin tinggi juga kemampuan literasi matematis siswa. Sebaliknya, jika adversity quotient siswa rendah maka rendah juga kemampuan literasi matematis siswa.

References

Adam, A. H. E., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213–225.

Afri, L. D. (2018). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. AXIOM?: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i2.2895

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner

Darmawan, M., Budiyono, B., & Pratiwi, H. (2019). Mathematics Learning Achievement of Vocational High School Students’ Viewed by Adversity Quotient. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042121

Dewantari, A. G., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Adversity Quotient dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 629–636. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8631

Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 15–25. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/32118

Hanifa, Y. (2017). Emotional Quotient dan Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4327

Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 6(1), 84–94.

Laili, N. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMP. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0301.210

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Maulidah, N. S., Lestariningsih, L., & Dhewy, R. C. (2021). The Profil of Senior High School ( SHS ) Student ’ s Quantitative Literacy in Solving PISA-type Problems in Terms of Adversity Quotient. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 117–131.

Mawardhiyah, K., & Manoy, J. T. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Mayudana, I. K. Y. (2020). Hubungan Kecemasan Matematis dan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK TI Bali Global Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Widyadari Jurnal Pendidikan, 21(2), 544–555. https://doi.org/10.5281/zenodo.4048974

Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206.

Pardosi, R. P., Budiarto, M. T., & Rahaju, E. B. (2022). Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient Dalam Memecahkan Masalah SPLDV Romario Petrus Pardosi 1)* , Mega Teguh Budiarto 2) , Endah Budi Rahaju 3). SOULMATH, 10(2), 91–108. http://dx.doi.org/10.25139/smj.v10i2.4591

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707

PISA. (2021). 21st-century readers: Developing literacy skills in a digital world. In OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/21st-century-readers_a83d84cb-en

Safi’i, A., Muttaqin, I., Sukino, Hamzah, N., Chotimah, C., Junaris, I., & Rifa’i, M. K. (2021). The effect of the adversity quotient on student performance, student learning autonomy and student achievement in the COVID-19 pandemic era: evidence from Indonesia. Heliyon, 7(12). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08510

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY, 8, 713-720. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–345.

Septiana, D., & Arifiana, I. Y. (2023). Adversity quotient pada mahasiswa pekerja?: Adakah peranan optimisme?? Pendahuluan. 2(4), 734–742.

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. Australia: Springer.

Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT. Grasindo Indonesia.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Ramadhani, N., & Hadi, M. S. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1661–1668. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13147

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.