IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 133 PALEMBANG

Authors

  • Samsi Masnani SD Negeri 133 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9421

Keywords:

PKn, Hasil Belajar,Model Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Hasil belajar ulangan PKn peserta didik masih rendah. Hal ini didapat dari hasil nilai ulangan harian peserta didik yang masih banyak belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM).Guru yang bersangkutan mengungkapkan proses kegiatan belajar mengajar sampai saat ini masih kurang menguasai kelas dalam menyampaikan materi.Penelitian ini berdasarkan permasalahan yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar PKn setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning peserta didik  kelas V SD Negeri 133 Palembang?. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 133 Palembang. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 133 Palembang berjumlah 25 siswa. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2017. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan data di atas bahwa  hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 133 Palembang di atas, dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Tercapainya prestasi belajar siswa berdasarkan indikator keberhasilan yaitu 85% terjadi pada siklus II. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71,28 dan pada siklus II sebesar 76,24.Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 68% dengan 17 siswa yang tuntas, pada siklus II sebesar 88% dengan 22 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil observasi, peningkatan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu dengan  menggunakan  model pembelajaran discovery  learning.

References

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan Kewarganegaraan.UNY.Yogyakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ridwan, Abdullah Sani.2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum,Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta.

Trianto.2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ubaedillah dan Abdul Rozak. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani), Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Masnani, S. . (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 133 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 142–148. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i2.9421