PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Maria Magdalena Zagoto Prodi Pendidikan matematika, STKIP Nias Selatan
  • Oskah Dakhi STMIK Budidarma Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884

Keywords:

Perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, Model Plomp

Abstract

Prestasi belajar siswa di beberapa sekolah masih rendah. Siswa terlihat kurang memahami masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan nyata mereka yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif mereka rendah. Penerapan bahan ajar yang dikembangkan kurang optimal dianggap sebagai penyebab masalah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA yang valid, praktical dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menerapkan model Plomp. Ini terdiri dari tahap penelitian pendahuluan, tahap pengembangan atau perancangan prototipe dan tahap penilaian. Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konseptual yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Pada tahap pengembangan atau perancangan prototipe dikembangkan RPP dan LKS berbasis pendekatan saintifik. Materi yang dikembangkan kemudian dievaluasi. Pada tahap assesment dilakukan uji kepraktisan dan efektivitas dalam skala terbatas. Data kepraktisan diperoleh dari lembar implementasi RPP dan angket yang dibagikan kepada guru dan siswa. Data keefektifan dilihat dari hasil posttest dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan valid dan praktis. Materi tersebut juga efektif karena siswa dapat mencapai nilai standar minimal.

Author Biographies

Maria Magdalena Zagoto, Prodi Pendidikan matematika, STKIP Nias Selatan

Prodi Pendidikan matematika, STKIP Nias Selatan

Oskah Dakhi, STMIK Budidarma Medan

STMIK Budidarma Medan

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006. Jakarta.

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35–41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Wahyudin. (2008). Kurikulum, Pembelajaran, dan Evaluasi. Bandung: Ipa Abong.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Anna, Lusia. (2013, 25 Juni). Banyaknya Siswa Tidak Lulus Ujian Matematika. Kompas. Tersedia: http//www.kompas.com. (diakses tanggal 22 Mei 2018)

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pen-didikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan(diakses 5 April 2018). https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Plomp, T., & Nieveen, N. (Eds.). (2013). Educational design research: Illustrative cases. Enschede,the Netherlands: SLO. (free access at www.international.slo.nl) (di-akses tanggal 17 Mei 2018).

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PEMINATAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157–170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884