PENGARUH PENGGUNAAN TAKTIK MENGAJAR PUNGGUNG DENGAN PUNGGUNG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMA SWASTA KRISTEN BNKP GUNUNGSITOLI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.632Keywords:
Hasil Belajar, BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan taktik mengajar Punggung dengan Punggung terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Swasta Kristen BNKP Gunungitoli . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas dan sampelnya ada 2 kelas. Hasil pengujian data diperoleh nilai rata rata untuk hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan taktik mengajar Punggung dengan Punggung 76,59 dan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran konvensional 68,12. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,57 > 2,372 pada taraf signifikan α = 0,01 hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar biologi siswa antara kelas Punggung dengan Punggung dan kelas konvensional.References
Arikunto, S., (2002), Prosedur Penelitian, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto, S., (2011), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.
Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.
Emawati., (2009), http://dir/BSE (Buku Sekolah Elektronik) 2013/02/23/ Gambar tentang biologi-organ reproduksi laki-laki (diakses 28 April 2018).
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2011), Buku Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan, FMIPA Unimed.
Ginnis, P., (2008), Trik dan Taktik Mengajar, Penerbit Indeks, Jakarta.
Nurohmawaty, R., (2008), Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Cycle Learning Dengan Konvensional Pasa Materi Pokok Ekosistem di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, Skripsi FMIPA Unimed, Medan.
Psychologymania., (2012), http://www.psychologymania. com /2012/06/ sistem reproduksi-pria.html (diakses 27 April 2019).
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sinaga, S., (2012), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Eksresi di Kelas XI SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2011/2012. Skripsi FMIPA Unimed, Medan.
Slameto., (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Slavin., (2011), Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung. Sudjana, N., (2008), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.
Syah, M., (2010), Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zubaidah, S., (2010). Restrukturisasi Pemahaman Berbagai Istilah Pada Penulisan Komponen Metode Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jurnal FMIPA UNM, Malang.