METODE PEMBIASAAN DAN KETELADANAN UNTUK MENDIDIK KARAKTER SISWA DI SMP IT MUTIARA ILMU SOKARAJA

Authors

  • Ammar Saifullah UIN Saizu Purwokerto
  • Muh Hanif UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30259

Keywords:

Pembiasaan, Keteladanan, Pendidikan Karakter

Abstract

Kebutuhan sumber daya yang berkualitas menjadi urgen di masa kini, tidak terbatas pada segi kualitas ilmiah, akan tetapi juga kualitas dari segi karakter dan perilaku yang baik. Dengan melihat pada banyaknya fenomena pelanggaran hukum dan etika di masa kini, maka pendidikan dan penanaman karakter yang baik menjadi urgen untuk diterapkan sejak dini, baik dalam lingkungan keluarga maupun lewat Lembaga Pendidikan formal dan non formal. Islam mengajarkan bahwa seorang muslim hendaknya memiliki akhlak karimah, sebagaimana yang dicontohkan oleh nabi Muhammad saw. yang merupakan teladan sempurna bagi seorang muslim. Pendidikan karakter juga tak lepas dari mengajarkan tata krama yang berlaku di masyarakat, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang bisa diterima oleh semua kalangan. SMP IT Mutiara Ilmu mengusung program unggulan berupa pendidikan karakter Islami yang merupakan penerapan dari visi sekolah. Diantara metode yang digunakan adalah pendidikan karakter melalui pendekatan pembiasaan kegiatan Islami di sekolah, seperti kegiatan tilawah Al-Qur’an pagi, pembiasaan shalat dhuha, dan shalat dhuhur berjamaah, dan kultum setelah shalat. Metode keteladanan juga diterapkan untuk memperkuat penanaman karakter kepada siswa. Program-program ini berjalan secara rutin dengan tujuan membentuk akhlak siswa yang baik.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Saifullah, A. ., & Hanif, M. . (2024). METODE PEMBIASAAN DAN KETELADANAN UNTUK MENDIDIK KARAKTER SISWA DI SMP IT MUTIARA ILMU SOKARAJA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8361–8371. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30259