ANTARA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN MORAL: RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41783Keywords:
Artificial Intelligence (AI), Moral, Pendidikan KarakterAbstract
Perkembangan Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. AI dapat membantu dalam menyediakan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Namun, penggunaan teknologi ini juga menimbulkan tantangan, terutama dalam hal moral siswa yang penting untuk perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, pengintegrasian nilai-nilai moral dalam kurikulum berbasis AI sangat penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada aspek kognitif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menggali pemahaman mendalam tentang penerapan AI dalam pendidikan dan penguatan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun AI dapat memberikan kemudahan dalam pembelajaran, penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai moral perlu diterapkan untuk menjaga keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan pengembangan etika. Oleh karena itu, penting bagi guru, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya berteknologi canggih tetapi juga berbasis pada nilai-nilai moral yang kuat.References
Abidin, M. A. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Krembung Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah(JMI), 2(1), 2964–2183.
Ayub, S., & Fuadi, H. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Z di Era Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 3063–3067.
Baringbing, lsinta K. B., & Rahim, R. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis AI Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan. KESATRIA: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 5(4), 1515–1523.
Cahyan, T. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Aplikasi Assemblr Edu Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(9). https://doi.org/10.17977/um068.v3.i10.2023.3
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390–9394.
Isdayani, Thamrin, A. N., & Milani, A. (2024). Implementasi Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan ( AI ) dalam Sistem Pendidikan dan Analisis Pembelajaran di Indonesia. Digital Transformation Technology (Digitech), 4(1), 714–723.
Kasbolah. (2024). Guru Dan Tantangan Era AI : Menanamkan Karakter Di Tengah Kemajuan Teknologi. Biro Humas APRI Lampung. https://berita.apripusat.or.id/guru-dan-tantangan-era-ai-menanamkan-karakter-di-tengah-kemajuan-teknologi
Kusumawardani, Suning, S., Wulandari, Dewi, & Pannen. (2024). Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (Gen AI) Pada Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
Luckin, R., & Holmes, W. (2016). Intelligence Unleashed An argument for AI in Education. Pearson.
Maufidhoh, I., & Maghfirah, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligencemelalui Media Puzzle Makerpada Siswa Sekolah Dasar. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43.
McCarthy, J. (2007). What Is Artificial Intelligence? Computer Science Department. http://35.238.111.86:8080/jspui/bitstream/123456789/274/1/McCarthy_John _What is artificial intelligence.pdf.
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence dengan Pembentukan Nilai dan Karakter di Bidang Pendidikan. Ijtimaiya : Journal of Social Science Teaching, 4(2).
Nugraha, M. A., AN, D. A., Qolbi, S. K., & S, W. Q. (2024). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Era Digitalisasi di Sekolah. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 136–148. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2
Oktavian, R., Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2023). Artificial Intelligence Dan Pendidikan Era Society 5.0. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 143–150.
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Pada Pembelajaran dan Asesmen Di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(2), 473–486.
Palupi, S. (2011). Upaya Membangun Karakter (Soft Skills) Mahasiswa Bidang Boga. Wonderful Indonesia, 1–14.
Putra, W. S., & Wanda, K. (2023). Penerapan Pembelajaran Media Puzzle Maker Berbasis Artificial Intelligence Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 986–992.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50.
Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan : Resiko , Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen : Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6780
Rochmata, C. S., Rizab, R., & Murni, S. A. (2024). AIED ( Artificial Intelligence in Education ): Opportunities and Challenges in Improving Learning Efficiency in the Era of Society 5 . 0. PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1), 91–100. https://doi.org/10.22219/progresiva.v13i01.30007
Sagala, K. P., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter Di Era Digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 06(1), 1–8.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Solihin, A. (2024). AI Sebagai Mitra Guru Dalam Pembelajaran Karakter: Potensi Dan Implikasinya. UNESA PASCASAJANA. https://s3pendidikandasar.fip.unesa.ac.id/post/ai-sebagai-mitra-guru-dalam-pembelajaran-karakter-potensi-dan-implikasinya
Suhelayanti, Emda, A., Jannah, M., Oviana, W., RidhaIlahi, & Utama, R. J. (2024). Pemanfaatan AI Dalam Pembuatan Media Dan Asessment Pembelajaran IPAS. Bansigom:JurnalKolaboratifAkademika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26811/xxxx.xxxx.xxxx
Susanti, A., Adhitya, M., & Maria, V. (2024). Meningkatkan Inklusivitas Pendidikan Dengan Artificial Intelligence ( AI ) Untuk Personalisasi dan Aksesibilitas Untuk Semua. JLEB: Journal of Law Education and Business, 2(2), 903–911.
Tantri, K. S., Aqilla, N. A., & Sukmawat, A. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Digital: Mengajarkan Etika Dan Tanggung Jawab Dalam Penggunaan Sosial Media. ANWARUL: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(4), 662–675.
Triyanto. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184.
Walidin, W., Idris, S., & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. (2006). Mass Media Research - An Introduction 8th Edition. Thomson Wadsworth.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismaul Fitroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.